Wisata Literasi Nasional 2019 - teraju.id
Home > Berita > Wisata Literasi Nasional 2019
literasi2

Wisata Literasi Nasional 2019

Oleh: Jeammy Rodjas Prasetya

Pontianak, 7 September 2019, Forum Indonesia Menulis mengadakan sebuah kegiatan literasi bertajuk Wisata Literasi Nasional yang berlokasi di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kepala daerah di Kalimantan Barat dan juga menghadirkan narasumber yang turut mengisi acara ini, diantaranya Kepala Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat, Kepala Perpustakaan Nasional, Gubernur Kalimantan Barat dan Duta Baca Indonesia Najwa Shihab.

Forum Indonesia Menulis memiliki tujuan untuk menyebarkan virus – virus literasi kepada masyarakat Indonesia, seperti yang dikatakan Founder Forum Indonesia Menulis Fakhrul Ar – Razi “Wisata Literasi Nasional adalah kegiatan puncak dari Forum Indonesia Menulis selama satu tahun belakangan dalam mengkampanyekan budaya baca se-Kalbar dan melatih pendidik – pendidik, pelajar, mahasiswa, guru – guru dalam menorehkan sebuah karya yang kemudian dibukukan dan buku itu hasil dari bacaan – bacaan sehingga selaras menjadi bagian satu kesatuan literasi tersebut” ujar Fakhrul Ar – Razi saat ditemui di acara Wisata Literasi Nasional.

IMG_20190909_131545_509

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kalangan pecinta literasi, baik dari pelajar, mahasiswa hingga dosen, pendaftar untuk kegiatan ini sendiri mencapai angka 2000 peserta, namun karena keterbatasan tempat dan kapasitas ruang jadi dibatasi dengan 1000 peserta. Acara ini juga didukung oleh berbagai komunitas pegiat literasi diantaranya Top Indonesia, IKAPI, Kampoeng English Poernama dan berbagai sponsor pendukung.

Baca Juga:  Kalbar Menyapa Literasi Indonesia (Wisata Literasi Nasional 2019)

Kegiatan ini terbagi menjadi 2 sesi yaitu dari jam 7.30 sampai jam 12 dan dilanjutkan sampai jam 16.00. Duta Baca Kalimantan Barat yaitu Resi Jesita, Penulis dan pegiat literasi Aswan adalah dua diantara 4 pembicara pada sesi yang pertama. Lalu pada sesi kedua yang pertama oleh Gubernur Kalimantan Barat lalu dilanjutkan Kepala Perpustakaan Nasional, berikutnya Duta Baca Indonesia Najwa Shihab yang terakhir oleh Kepala Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat.

Forum Indonesia Menulis selaku penyelenggara acara Wisata Literasi Nasional juga memiliki tujuan besar untuk mengangkat nama Kalimantan Barat di kancah Nasional, agar orang – orang berpikir tidak hanya dari daerah ibukota yang mampu menggerakkan Indonesia, tapi Kalimantan Barat juga mampu mengendalikan Indonesia di bidang literasi, seperti yang diungkapkan Fakhrul Ar – Razi “Forum Indonesia Menulis juga memiliki visi yang besar tentang bagaimana Kalimantan Barat dengan daerah yang masih berkembang, kami berupaya menjadikan Kalimantan Barat menjadi provinsi literasi di Indonesia” ujarnya.

IMG_20190909_131814_330

 

Forum Indonesia Menulis juga sudah mendatangi beberapa kota di Indonesia untuk menggerakkan masyarakat di sana untuk menulis dan pusat dari semua kegiatan itu ada di Pontianak Kalimantan Barat. Forum Indonesia Menulis juga baru saja mendapatkan penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka tahun 2019 sebagai motivator literasi Indonesia atas karya, prestasi, dan dedikasinya dalam mengembangkan literasi di Indonesia.

Baca Juga:  Kalbar Menyapa Literasi Indonesia (Wisata Literasi Nasional 2019)

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan bahwa kegiatan ini mampu mendorong orang untuk gemar membaca. Beliau juga mengatakan “Jika kita sudah menjadikan literasi sebagai gaya hidup maka kita akan bisa menyesuaikan tentang apapun yang dibicarakan orang, kebiasaan membaca (cepat) juga menjadi modal ketika kita menghadapi pekerjaan yang ruwet dan banyak”.
Duta Baca Indonesia juga berpesan “If you save your money at your brain, nobody can take it from you” maknanya jika kita menginvestasikan uang yang kita punya untuk otak kita, maka tidak akan ada yang bisa mencurinya.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Jeammy Rodjas

Check Also

leo

Penyembuhan dan Mukjijat: Sebuah Pengalaman Rohani

Oleh: Leo Sutrisno Pengantar Dalam pembicaraan sehari-hari, kita sering menganggap sama antara ‘penyebuhan’ dan ‘mukjijat’. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *