in

Kalahkan Keraguan Demi Impian

Screenshot 2019 05 13 19 29 531 1

teraju.id, Pontianak – Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN), merupakan satu-satunya perguruan tinggi islam negeri di Kalimantan Barat, yang terletak di Jalan Letjend Suprapto. Di kampus inilah aku melanjutkan pendidikanku. Sekarang aku sudah memasuki semester 2, mengambil Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Selama hampir setahun aku kuliah di kampus ini, banyak sekali pengalaman yang telah aku rasakan. Mulai dari proses beradaptasi dengan orang-orang yang baru aku kenal, sampai akhirnya aku menjadi bagian di antara mereka.

Selain tujuanku untuk melanjutkan pendidikan di kampus ini, aku juga tertarik dan ingin sekali untuk menjadi bagian dalam organisasi di kampus, terutama organisasi internal. Sewaktu aku masih semester 1, aku sedikit tidak percaya diri untuk ikut campur dalam segala kegiatan, baik kegiatan kampus maupun jurusan. Mungkin itu karena aku belum terbiasa dan belum mengenal terlalu dalam tentang hal itu. Hanya saja setelah aku melihat teman-teman sekelasku sudah mengikuti kegiatan-kegiatan di kampus, bahkan mereka ada yang sudah menjadi panitia dalam kegiatan tersebut, akhirnya aku termotivasi untuk memberanikan diri agar aku bisa menjadi bagian dalam dari sebuah organisasi. Hal ini aku buktikan dengan keberanianku untuk mendaftar diri untuk menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

HMPS merupakan sebuah organisasi internal kampus tingkat program studi (jurusan). Organisasi ini bergerak sebagai wadah mahasiswa di program studi (jurusan) untuk mengembangkan potensi diri. Awalnya aku merasa tidak yakin terpilih pada saat itu, karena teman-teman sekelasku juga ramai yang mendaftarkan dirinya. Terlebih lagi mereka sudah sering mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Namun keraguanku itu salah, karena setelah menunggu sekitar hampir sebulan, akhirnya ternyata aku terpilih dalam organisasi tersebut. Seperti tidak percaya, namun hal itu ternyata benar adanya bahwaa aku telah diterima sebagai anggota HMPS yang baru. Dalam organisasi HMPS, setiap anggota terbagi lagi dalam beberapa bidang-bidang tertentu dan aku masuk di bidang Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT).

Setelah mengetahui nama-nama yang terpilih dalam organisasi tersebut, para senior pengurus HMPSpun segera merencanakan untuk mengadakan acara pelantikan anggota HMPS yang baru. Sebelumnya di jurusan kami yaitu Hukum Ekonomi Syariah, sedang menyelenggarakan sebuah acara kompetisi tingkat SMP, SMA hingga Mahasiswa dan acara seminar yang bernama Islamic Law Competition (ILC). Tidak hanya acara kompetisi saja, kegiatan seminar juga merupakan dari acara ILC. Acara ini merupakan acara yang dilakukan setiap tahunnya oleh jurusan kami. Kegiatan tersebut berlangsung hingga satu pekan. Kegiatan pelantikan anggota HMPS yang baru ini pun terealisasikan pada saat malam kedua acara ILC.

Kegiatan pelantikan ini, dihadiri oleh Ketua Rektor, Ketua Dekan dan pejabat-pejabat kampus Institut Agama Isam Negeri Pontianak (IAIN) lainnya. Acara ini sebenarnya bukan hanya melantik anggota HMPS saja, melainkan juga melantik anggota KALSA dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) yang baru. Dalam acara tersebut kami dilantik secara langsung oleh Ketua Dekan Fakultas Syariah. Setelah acara pelantikan telah selesai, disitulah aku merasa sangat senang karena akhirnya aku bisa menjadi bagian dari organisasi internal di kampus, yang merupakan keiginanku dari semenjak awal aku masuk di kampus IAIN Pontianak. Tidak berhenti sampai disitu, setelah acara pelantikan telah dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan acara makan bersama. Menurutku acara makan bersama tersebut juga bernilai positif, karena dengan acara tersebut kami sangat merasakan ikatan kekeluargaan antar sesama.

Dari keberhasilanku menjadi anggota organisasi HMPS di kampusku ini, aku baru sadar bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Selagi niat itu baik, Insya Allah, Allah pasti menyetujui.(Noriraya)

Written by teraju

IMG 20190512 WA0232

PKD (Penanggulangan Keadaan Darurat) Bandara Rahadi Oesman Ketapang

IMG 20190513 WA0024

Pengalangan Dana Korban Bencana Palu Sulawesi Tengah