Kampung Tengah Desa Tanjung Saleh, Situs Kampung Riset LP2M 2018 - teraju.id
Home > Berita > Kampung Tengah Desa Tanjung Saleh, Situs Kampung Riset LP2M 2018
IMG_20180908_155039_404

Kampung Tengah Desa Tanjung Saleh, Situs Kampung Riset LP2M 2018

Oleh: Yusriadi

Kampung Tengah Desa Tanjung Saleh, Kubu Raya menjadi situs kegiatan Kampung Riset Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak tahun 2018. Kampung ini menjadi alternatif bagi sebagian peserta yang tidak bisa bergabung di kegiatan Kampung Riset di Kecamatan Paloh, Sambas.

Tujuh mahasiswa M. Fikri R. Akbar, Nor Fadhly, Siti Rohana dari Jurusan PAI, M. Fauzi dan Khosin Jurusan Ekonomi Syariah, Misridah Jurusan PBA, Napipah Badriah dari Jurusan Manajemen Dakwah, berada di lokasi sejak tanggal 3 9 September 2018.

Masing-masing mahasiswa meneliti atau mendalami data tersendiri sesuai dengan bidang minatnya. Ada yang mendalami tentang sejarah, kehidupan masyarakat, ciri komunitas dan sistem ekonomi.

Hingga hari ke-6 masing-masing telah mewawancara belasan narasumber dan melihat serta berpartisipasi dalam kegiatan warga. Bahan-bahan ini kelak ditulis dalam bentuk naratif reporting atau reportasi narasi dan artikel ilmiah.
Ketua Kelompok, M. Fikri mengatakan data sudah mereka kumpulkan dan akan ditulis masing-masing sebuah buku. Hal ini sesuai dengan janji mereka saat pembekalan akan menerbitkan buku dari kegiatan ini.

Data sudah banyak. Sekarang mulai nyicil-nyicil menulis, tambahnya.

Kepala Desa Tanjung Saleh, Sy. Muksin dalam percakapan beberapa hari lalu mengatakan menyambut baik kehadiran kampus di daerahnya. Kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat akan memberikan inspirasi dan menambah wawasan masyarakat.

Baca Juga:  Kampung Riset di Temajuk, Pogram Unggulan IAIN Pontianak

Sejauh yang terlihat memang masyarakat di sini menyambut kehadiran peneliti pemula dari kampus ini dengan ramah dan terbuka. Informasi yang ingin diketahui oleh mahasiswa diberikan. Wawancara berlangsung pagi, siang, sore dan bahkan malam. (*)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Yusriadi

Dosen pengampu Bahasa Indonesia. Ia juga pernah mengampu mata kuliah Jurnalistik dan sejenisnya. Gelar doktor ia peroleh di Universiti Kebangsaan Malaysia. Selain dosen, ia juga aktif di salah satu media online Kalimantan Barat sebagai Redaktur.

Check Also

WhatsApp Image 2018-09-18 at 15.22.34

FKPT Kalbar Audiensi ke Kanwil Kemenag

teraju.id, Kobar – Menjelang kegiatan yang melibatkan penyuluh agama maupun pengajar ilmu agama pada awal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *