Generasi Turun Kemampuan IQ - teraju.id
Home > Berita > Generasi Turun Kemampuan IQ
images (1)

Generasi Turun Kemampuan IQ

Oleh: Yusriadi

Membaca sebuah laporan penelitian tentang penurunan kemampuan IQ warga dunia, khususnya generasi baru Eropa, membuat saya terpegun. Jika bukan hasil riset, mungkin saya tidak percaya begitu saja. Mungkin saya akan langsung membantah, menunjukkan contoh kemampuan, temuan dan karya luar biasa generasi ini.

Tapi, ini beda. Artikel ini hasil riset dengan tes yang terukur, tentu membuat saya percaya.

Lama saya merenung dan mengkaji, dan…oh my god. Saya teringat ada semacam kesimpulan serupa di kalangan masyarakat awam di kampung dahulu.
Saya teringat kata orang kampung 30 tahun lalu.

“Anak sekolah sekarang dan dulu, lain. Dulu, kelas 3 SR saja sudah bisa banyak hal. Sekarang, kelas 3 SD tak bisa apa-apa”.

Lalu saya ingat pula bahwa dalam beberapa diskusi saya saya ikuti 20 tahun lalu ketika sudah kuliah di Pontianak. Hal kurang lebih sama disadari.

Kata orang, “Dahulu lulus SMK, SPG, sudah bisa diandalkan oleh dunia kerja. Sekarang, lulusan S1, entah-entah, bisa diandalkan”.

Jadi, ketika hari ini saya mendengar laporan semakin rendahnya kemampuan anak sekarang dalam menyelesaikan soal tes IQ, seharusnya bagi saya itu bukan temuan baru. Grafik kemampuannya malah sudah ada, sudah sejak 30, 20, tahun lalu dan 1,2 hari ini.

Hanya indikatornya yang berbeda. Aspek dan mungkin juga sebabnya yang lain.

Lalu, sebagai pendidik, saya dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perubahan itu. Sekaligus juga belajar untuk memaklumkan diri dengan kenyataan.

Maklum, saya sering kali keliru ketika membuat ukuran dan standar. Kekeliruan karena menganggap dan mendudukkan pelajar pada standar yang sama, yang malah menyebabkan banyak yang menjerit. (*)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Yusriadi

Dosen pengampu Bahasa Indonesia. Ia juga pernah mengampu mata kuliah Jurnalistik dan sejenisnya. Gelar doktor ia peroleh di Universiti Kebangsaan Malaysia. Selain dosen, ia juga aktif di salah satu media online Kalimantan Barat sebagai Redaktur.

Check Also

WhatsApp Image 2018-09-18 at 15.22.34

FKPT Kalbar Audiensi ke Kanwil Kemenag

teraju.id, Kobar – Menjelang kegiatan yang melibatkan penyuluh agama maupun pengajar ilmu agama pada awal …