in ,

100% Dimensi, 0% Macet

dimensi

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah diskusi dengan orang yang saya anggap lebih pintar dari saya. Kata beliau, kalau mau melakukan perubahan. Kamu harus masuk ke sistem. Kalo ga, ga akan bisa. Tapi saya ga tertarik dengan politik. Dan alhamdulillah, riwayat pendidikan saya juga ikut mensupport keputusan saya ini. Alias saya ga punya ijazah.

Dan hari ini. Adalah bulan ke 12 Bantuan Modal Tanpa Bunga dari Dimensi digulirkan. So far kami telah membantu 40 UMKM mengembangkan usaha mereka. Dengan bantuan beragam. Dari 3 juta sampai 6 juta rupiah per UMKM. Emang ga seberapa. Tapi Alhamdulillah terasa sekali manfaatnya buat mereka. Ini dibuktikan dengan tingkat gagal bayar 0% alias 100% success rate. Ga ada yang pernah telat bayar walau sehari.

Lewat validasi dan evaluasi yang dilakukan tim kami di lapangan. Hampir semua pedagang kecil ini merasakan kemajuan signifikan di usahanya. Oh ya. Ini benar-tanpa bunga ya. Mereka minjam 3 juta rupiah. Mereka terima 3 juta rupiah. Dan mengangsur 300 ribu sebulan selama 10 bulan. Biaya administrasi seperti beli materai dll, kami yang tanggung.

Saya kebayang. Jika duit-duit yang dikorupsi itu dipake buat bantu UMKM kaya ginian, ada ribuan UMKM yang akan terbantu. Dan stress pemerintah karena ekonomi yang tidak bergerak karena pandemi bisa berkurang. Tapi ya sudahlah, karena kita sama-sama tahu, di Republik ini, jika kamu punya idealisme. Perjuangkan sendiri. Jangan baper. Expect nothing. Accept everything.

(Menhefari)

Written by teraju.id

leo

SMA/SMK kecil atau Sekolah Satu Atap-One Stop Services

gedung mahka agung

Dr. Hermansyah Masuk 10 Besar