in

AIESEC in Untan Mengajak Pemuda Kalimantan Tingkatkan Kemampuan Kepemimpinan Melalui AIESEC Future Leaders

Teraju News Network, Universitas Tanjungpura– AIESEC Future Leaders (AFL) merupakan salah satu dari sekian banyak event yang diadakan oleh AIESEC in Untan.

Awal tahun 2022, AIESEC in Untan telah siap mengadakan AIESEC Future Leaders 5.0 dengan departemen yang bertanggung jawab adalah oGV/EwA. Karena pandemi Covid-19 yang terus merambah hingga sekarang mengakibatkan produk utama AIESEC yakni Global Volunteer dihentikan hingga waktu yang tidak ditentukan.

Sejalan dengan hal tersebut, AIESEC berinisiatif untuk membuat event bertajuk personal development dan berfokus pada skill kepemimpinan. Hal ini relevan dengan dinamika anak muda terutama Gen Z yang haus akan kemampuan yang membuatnya bertahan di tengah globalisasi dan modernisasi di segala aspek.

Tidak hanya itu AIESEC Future Leaders by AIESEC in Untan juga secara tidak langsung mengajarkan kepada partisipan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris serta menambah relasi kepada partisipannya melalui “Networking Space”. Networking Space AIESEC Future Leaders Summer Peak diadakan sebanyak dua kali. Pertama AIESEC in Untan berkolaborasi dengan AIESEC in UPNVY dan yang kedua kalinya AIESEC in Untan berkolaborasi dengan AIESEC in FHN, Vietnam dan AIESEC in Japan.

Selain itu, partisipan AFL juga mendapat coaching session dimana partisipan akan dibina dan dibimbing langsung oleh para coach yang profesional di bidang mereka selama 3 bulan tersebut. Setiap satu bulan dua kali partisipan juga mengikuti sesi bi-weekly dimana AFL by AIESEC in Untan mendatangkan pembicara yang mahir di bidangnya masing-masing untuk memberikan materi sekaligus berbagi pengalamannya yang sejalan dengan kurikulum di AFL AIESEC in Untan.

Selama tiga bulan, AFL diadakan secara daring menggunakan media platform Zoom Meeting dan diikuti sebanyak 14 partisipan yang berasal dari latar belakang universitas yang berbeda-beda pula.

Diharapkan setelah mengikuti AFL ini partisipan akan merasakan manfaat untuk dirinya dan dapat menginspirasi orang lain setelah mengikuti AFL. Program ini dimulai dari tanggal 9 April hingga 16 Juni. Kesuksesan AFL Summer Peak by AIESEC in Untan tidak terlepas dari keterlibatan partner yang ikut mendukung serta mempromosikan AFL. Kemudian, partisipan juga mendapatkan Activating Leadership Support (ALS) yang nantinya partisipan akan dibagi dan dipilih untuk mendapatkan kesempatan di AIESEC berdasarkan performa mereka selama mengikuti sesi-sesi di AFL.

Kata terima kasih dan pengapresiasian dari partisipan terus AFL Team dengar, hal ini menunjukkan kepuasan yang dirasakan oleh partisipan kepada AFL Team yang telah bekerja keras maksimal untuk mensukseskan acara ini dan konsisten membimbing partisipan AFL dari mulai proses registrasi hingga puncak dari AFL adalah “National Graduation” yang diikuti oleh seluruh partisipan AFL secara nasional. National Graduation AFL Summer Peak akan diadakan pada tanggal 16 Juli melalui Zoom Meeting. Harapannya dengan keberhasilan AFL ini partisipan dapat membagikan pengalaman mereka setelah mengikuti AFL dan kedepannya AIESEC Future Leaders by AIESEC in Untan juga berharap agar AFL dapat diadakan secara fisikal dan mendapatkan lebih banyak partisipan yang tertarik untuk meningkatkan potensi dirinya serta sebagai penampung aspirasi daripada pemuda yang menjadi obyek utama dari AFL.

Mengenal AIESEC in Untan

AIESEC merupakan organisasi internasional dengan fokus pada pengembangan kepemimpinan anak muda. AIESEC in Untan merupakan salah satu UKM yang ada di Universitas Tanjungpura. AIESEC merupakan organisasi berbasis kepemimpinan yang digerakkan oleh pemuda dan tersebar di lebih dari 120 negara. Sebagai organisasi kepemimpinan bagi anak muda, AIESEC terus mengembangkan potensi dan kemampuan kepemimpinan pemuda melalui pengalaman dan pembelajaran di lingkungan yang menantang. Melalui pengalaman tersebut, pemuda dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan lingkungan di sekitarnya.

We Strive To Achieve Peace & Fulfilment of Humankind’s Potential merupakan jawaban dari mengapa AIESEC ada. Aspirasi AIESEC adalah agar setiap pemuda bertindak menuju pemahaman tentang perdamaian dan mengambil tindakan kolaboratif untuk membina dunia yang lebih baik. AIESEC juga berharap agar dunia dapat menjadi tempat dimana orang-orang terus menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka sendiri dan memberdayakan orang lain untuk dirinya menjadi lebih baik lagi. Karena AIESEC percaya dengan melibatkan dan mengembangkan pemuda sangat penting. Pemuda memiliki tanggung jawab untuk menciptakan dampak positif dalam jangka waktu yang panjang pada kehidupan sendiri, komunitas, dan dunia pada umumnya.

Tujuan AIESEC untuk mendorong dan membentuk masa depan dengan semangat, dinamisme, dan semangat berinovatif kami sebagai wujud menyediakan masa depan yang lebih baik lagi. AIESEC meyakini bahwa solusi fundamental masalah yang terjadi saat ini adalah Leadership yang dapat terjadi dimana saja dan kepada siapa saja tanpa terkecuali. (r)

Written by teraju.id

Dosen dan Mahasiswa DKB POLNEP Kunjungi BAPPEDA Kota Pontianak

Dosen Polnep dan Gradasi Latih Literasi Digital Bagi Pelaku Pariwisata di Desa Pulau Lemukutan