in

Akademi Riset IAIN Pontianak

teraju.id, Pontianak – Selasa, 3 Januari 2023, bertepatan dengan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI, kami meresmikan mulainya Program Akademi Riset. Launching program dilakukan oleh Rektor IAIN Pontianak, disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik. Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan, serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Kami mempersembahkan program ini dengan mimpi indah. Banyak hal bisa dibuat dan jika (semoga) berhasil nanti, banyak buah bisa dipetik.

Apalagi dukungan pimpinan sangat besar. Kehadiran mereka dalam launching ini menunjukkan dukungan terhadap program ini. Tambahan lagi, kami mendapat dukungan dari dekan dan prodi. Data kami menunjukkan ada 60 dosen dan mahasiswa yang terdaftar dalam program ini. Mereka mewakili prodi yang ada di IAIN Pontianak.

Program ini memang “terjemahan” dari harapan pimpinan dan civitas akademika IAIN Pontianak. Rektor dan Wakil Rektor dalam berbagai kesempatan memang mengharapkan ada upaya bersama untuk menumbuhkembangkan kultur akademik di kampus. Kultur akademik ini akan mendukung peningkatan prestasi akademik, jumlah karya, citasi, dan webmetrik kampus.

Baca Juga:  ADLIBI Launching Buku "Aku Cinta IAIN Pontianak"

Prodi dan Fakultas juga menyumbang ide dan mendukung program ini melalui diskusi saat workshop penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan sebelum pembentukan akademi. Setidaknya, program ini berkontribusi untuk kepentingan mewujudkan riset kolaboratif antara dosen dan mahasiswa.

Bagi LP2M, program ini merupakan turunan dari misi mewujudkan LP2M IAIN Pontianak sebagai pusat kajian keislaman di Borneo. Penelitian dan penerbitan harus jadi prioritas. Jumlahnya harus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Kualitasnya juga harus diperbaiki dari waktu ke waktu. Hingga pada akhirnya, buahnya bisa dipetik: kultur akademik tumbuh, karya akademik menjamur, dan bahan-bahan itu bisa menjadi rujukan bagi ilmuan. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Written by Yusriadi

Redaktur pada media online teraju.id dan dosen IAIN Pontianak. Direktur Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak. Lulusan Program Doktoral ATMA Universiti Kebangsaan Malaysia, pada bidang etnolinguistik.

Menulis dan Berpikir Rasional

Arisan Jamban