in ,

Anies Baswedan Salip Ganjar Pranowo

Popularitas Digital Bacapres Oktober 2021

Anies salip Ganjar Pranowo

teraju.id, Jakarta— Data perbincangan netizen di media sosial sebulan terakhir (17 September–17 Oktober 2021), menunjukkan Anies ungguli Ganjar. Adapun urutan popularitas digitalnya sebagai berikut: Anies Baswedan (310K – 23,7%); Ganjar Pranowo (222K – 17,1%); Puan Maharani (207K – 15,9%); Agus Yudhoyono (175K – 13,4%); Ridwan Kamil (105K – 8,1%); Erick Thohir (103K – 7,9%); Prabowo Subianto (77K – 5,9%); Sandiaga Salahuddin Uno (72K – 5,5%) dan Airlangga Hartarto (33K – 2,5%).

Hanya 4 bacapres berada di posisi kuadran positif untuk popularitas dan favourabilitas-nya: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, dan AHY. Bacapres lainnya masih di bawah standar popularitas digital yang diharapkan untuk menjadi capres 2024.

Menurut CEO Katapedia.id, Deddy Rahman, “Dari analisa akun-akun medsos 9 bakal capres dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, akun bacapres yang paling rajin posting adalah Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno lalu Anies Baswedan. Kedua, akun bacapres yang paling disukai followersnya adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil.
Terakhir, akun bacapres yang paling banyak loyalisnya adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Puan Maharani.”

Baca Juga:  September 2021, Elektabilitas Ganjar Ungguli Anies di Ranah Digital

Beberapa isu tertinggi di medsos yang mempopulerkan Anies Baswedan adalah: Paparan Anies di Kongres PAN yang inspiratif (Engagement 801,1K); Cara Anies berterima kasih ke orang yang berpengaruh di Jakarta bang Ali Sadikin (574,1K); Program semua bisa makan Anies hidupkan kembali warung-warung yang dulu sempat sepi (508K); dan Anies terima putusan dan beri layanan warga eks gusuran Ahok di Bukit Duri yang menggugat pemprov DKI di pengadilan (439,2K).

Beberapa isu tertinggi di social media yang mempopulerkan Ganjar Pranowo adalah: Ganjar gubernur kaos oblong (E 390K); Natalius Pigai senggol Ganjar dalam tweetnya (18,4K); Puan Maharani dituding perintahkan Pigai untuk habisin Ganjar (E 7,6K); Survei SMRC terkait elektabiltas capres 2024 (3,6K) dan sahabat @ganjarpranowo bantu UMKM dan tukang becak di Jakarta dan DIY (997).

analisa sentimen twitter
Popularitas di dunia maya Bacapres, Oktober 2021

Sedangkan beberapa isu tertinggi di medsos yang mempopulerkan Puan Maharani adalah: Pembicaraan netizen terkait munculnya cabang olahraga eSport game yang mendapatkan harapan besar dari Puan (21,7K); Puan Maharani mendukung Gen Z berkreasi & mengembangkan bakat di berbagai platform yang ada (E 16,1K) dan Puan berharap ada kemajuan kreativitas anak-anak muda Papua dengan adanya Papua Youth Creative Hub (10,2K).

Baca Juga:  Partai Demokrat, PDIP dan PKS Kuasai Dunia Maya

Beberapa isu tertinggi di social media yang mempopulerkan AHY adalah: Netizen membicarakan thread terkait Jokowi yang tidak pernah menghina keluarga AHY (E 5,7K); Perbincangan terkait kudeta antara kubu AHY dengan kubu Moeldoko dan Yusril (E 4K); AHY menggelar Bulan Bakti Partai Demokrat dan Lomba Karya Kreatif untuk membantu masyakarat yang terkena dampak covid (E 1,8K); Hamdan Zoelva digandeng AHY dalam menghadapi gugatan kubu Moeldoko (E 1K).

Written by Fatih Pramana

marchel amerika.2

A Month in the United States

hari musium

Memperingati Hari Museum: Merealisasikan Gagasan Museum Pers Daerah