in , ,

Anies-Ridwan Kamil Mesra, Ganjar Gulana

Anies Baswedan Melejit, Ganjar Tersandung Wadas

teraju.id, Jakarta— Februari 2022 bulannya Anies Baswedan. Dua lembaga survei ternama—Populi Center dan SMRC— menempatkannya unggul di dua provinsi kunci: DKI Jakarta dan Jawa Barat. Di sisi lain, Ganjar Pranowo dihadang insiden Wadas.

Insiden kasus proyek Bendungan Bener di Desa Wadas, Jawa Tengah dinilai menjadi ujian politik bagi Ganjar Pranowo jelang pemilihan calon presiden 2024. “Kasus Wadas menjadi ujian politik Ganjar jelang pencapresan,” ungkap pemerhati politik dan ekonomi, Rustam Ibrahim, Senin (14/2).

Populi Center merilis hasil survei dengan responden warga DKI Jakarta, 9 Februari 2022. Pada simulasi tiga tokoh, Anies Baswedan menjadi yang paling banyak dipilih sebagai Presiden tahun 2024 dengan 45,5 persen, disusul Ganjar Pranowo (27,5 persen), dan Prabowo Subianto (20,8 persen). Adapun sebesar 4,8 persen menyatakan belum memutuskan, dan sebesar 1,3 persen menyatakan menolak menjawab.

Elektabilitas Bacapres 2024, Anies Unggul.

Menurut responden, ada beberapa prestasi Anies yang paling berkesan: Pengendalian banjir, Kartu jakarta Pintar, perbaikan trotoar dan penanganan covid.

Survei yang dilakukan lembaga dan daerah berbeda juga mengeluarkan hasil yang tidak jauh beda. “Di Jawa Barat, dari simulasi 10 nama, ada empat tokoh yang mendapat dukungan teratas dan cukup seimbang: Anies Baswedan 18,4%, Prabowo Subianto 18,3%, Ridwan Kamil 17,8%, Ganjar Pranowo 15,8%. Sandi mendapat dukungan 5,1%, dan calon lain di bawah 3%. Yang belum tahu/tidak menjawab 19%,” ungkap Manager Program Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad dalam paparannya secara daring, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga:  In Memoriam Dr Aswandi: Dari Buku ke Buku

Sebagai gubernur ibukota, Anies diuntungkan sorot kamera yang selalu mengarah padanya. Seolah ingin menjaga momentum hasil survei yang menggembirakan, Anies mengundang Ridwan Kamil untuk meninjau Jakarta Internasional Stadium. Mereka adu penalti, hasilnya: Anies menang. “Hahaha. Fix jadi ini mah,” komentar Ustadz Yusuf Mansur di Instagram.

Berkaitan dengan hasil survei, Ridwan Kamil mengatakan, ”Allah tidak akan ngasih kepada yang terlalu ambisius, contoh abah Ma’ruf Amin. Siapa yang menyangka beliau bisa menjadi Wakil Presiden. Sekarang kerja saja dulu, yang lain-lain akan mengikuti.”

Masih ada waktu dua tahun lagi menyongsong tahun politik, 2024. Menarik disimak: siapa melejit, siapa menjerit.

Written by Fatih Pramana

Ikuti Rakernas FKPT ke-9, FKPT Kalbar Siap Wujudkan Harmoni

Pergunu Kota Pasang Baliho Penyambutan untuk Kiai Asep