in ,

Blokir Paypal, Tagar #BlokirKominfo Menggema

TNN, Jakarta— Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka sementara blokir Paypal selama lima hari kerja, terhitung dari 1-5 Agustus 2022. Sebelumnya, tagar #BlokirKominfo sempat menduduki trending topics sejak pagi hingga siang hari pada tanggal 30 Juli 2022.

Menurut founder Drone Emprit, Ismail Fahmi, pembahasan soal #BlokirKominfo dan pendaftaran PSE didominasi oleh sentimen negatif warganet (92%). Kelompok pro sebagian besar adalah anggota Komisi I DPR RI dan pejabat internal Kominfo. Sedangkan narasi netral mengemuka lewat pernyataan dari anggota komisi I DPR RI Dave Akbarshah yang mengingatkan pemerintah agar lebih bijak menerapkan kebijakan pendaftaran PSE.

Ismail menganalisa bahwa isu terkait penggunaan tagar #BlokirKominfo diprediksi akan terus meningkat seiring makin banyaknya protes yang dilayangkan publik. Keterlibatan gamers, content creators, ahli IT, serta masyarakat yang terkoneksi dengan PayPal dan sistem pembayaran lainnya, signifikan mendorong tingginya kritikan pada Kominfo.

Perbincangan terlihat organik dan berasal dari publik secara umum. Protes publik juga didorong oleh kekesalan atas kemungkinan kehilangan pendapatan dan mata pencaharian karena pemblokiran tersebut, soroti kebebasan berekspresi para konten kreator dan komunitas E- sport lokal, dan ironis karena Kominfo belum memblokir situs judi online.

Ia mengambil kesimpulan, tren pemberitaan dan perbincangan #BlokirKominfo dan pendaftaran PSE sangat tinggi dipicu oleh sorotan atas pemblokiran platform Steam, Epic Game Store, PayPal, Counter Strike, Dota dll. Atensi media online tertuju pada penerapan aturan pendaftaran penyelenggara sistem elektronik (PSE) Kominfo. “Narasi negatif yang mencuat adalah adanya pelanggaran privasi dan pembatasan aktivitas penggunaan media sosial masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Written by Fatih Pramana

Dosen dan Mahasiswa DKB serta D3 Arsitektur Polnep Diskusi Bersama Disperindag Kota Singkawang

Saprahan Muharram, Cara Unik Memperingati Tahun Baru Islam di Munzalan