in

Dies Natalis ke-10, Teknik Arsitektur Respon Dunia Kerja

Dies Natalis ke 10

Teraju News Network, Pontianak – Menyambut satu dekade Dies Natalis Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak, JTA Polnep mengadakan syukuran yang dilaksanakan pada tanggal 1 November 2021 secara sederhana dengan memotong tumpeng. Milad ke 10 ini sebagai refleksi perwujudan rasa syukur perjalanan JTA mulai dari Prodi D-III Arsitektur yang berdiri pada tahun 2000. Seiring semakin berkembangnya tuntutan pasar tenaga kerja dan semakin siapnya tenaga ahli menghadapinya, pada tanggal 1 November 2011 Jurusan Teknik Arsitektur telah ditandatangani SK pendiriannya, sebagai perwujudan akan dikembangkannya menjadi beberapa program studi untuk menjawab kebutuhan dunia kerja.

Acara turut dihadiri oleh civitas Jurusan Teknik Arsitektur, Pudir 1 dan mahasiswa arsitektur. Dalam sambutannya Pembantu Direktur 1 (Pudir I) Slamet Tarno, M.Si menyampaikan bahwa
sebagai keluarga besar Jurusan Teknik Arsitektur harus saling berkolaborasi demi mewujudkan cita-cita bersama.

Pudir 1 menambahkan di usia yang masih muda ini Jurusan Teknik Arsitektur mampu bermitra dengan dunia usaha untuk menyerap mahasiswa arsitektur untuk bekerja di dunia industri.

Dalam usia 10 tahun ini JTA Polnep telah memiliki 3 Prodi antara lain Prodi D-III Arsitektur, Prodi D-IV Arsitektur Bangunan Gedung (ABG), dan Prodi D-IV Desain Kawasan Binaan (DKB). 2 Prodi D-IV tersebut terbentuk pada tahun 2016 dan telah meluluskan 2 angkatan. Profil lulusan mahasiswa JTA Polnep Prodi D-III Arsitektur dalam dunia industri sebagai asisten arsitek, drafter, surveyor, estimator dan pengawas. Profil lulusan D-IV Arsitektur Bangunan Gedung (ABG) sebagai arsitek engineer, estimator, pelaksana pembangunan, developer, penilai bangunan gedung. Untuk profil lulusan Prodi D-IV Desain Kawasan Binaan (DKB) sebagai asisten perancang kota dan dapat bekerja dalam tim dalam merumuskan kebijakan perencanaan kota.

Setelah 10 tahun berdiri sebagai jurusan, fasilitas-fasilitas pembelajaran di JTA terbilang cukup baik terdiri dari 3 studio gambar, 4 laboratorium komputer, laboratorium arsitektur vernakular, laboratorium konstruksi, struktur inovatif,dan fisika bangunan, serta laboratorium komputer arsitektur dan kota, ruang workshop dan ruang multimedia. Dalam jangka waktu ke depan penambahan fasilitas akan ditambah seperti jumlah kelas teori, jumlah ruang workshop, pusat kajian dan fasilitas-fasilitas lainnya dalam rangka menjawab tantangan dunia industri 4.0.

Semoga Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak semakin maju dan selalu berinovasi. (Mochamad Hilmy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Written by teraju.id

dians

Tetap Melestarikan Bahasa Ibu dan Berani Berkarya

Dinda Kh

Teruslah Membaca dan Menulis