in ,

Lapas Over Kapasitas, Fadli Zon Desak Menkumham Mundur

fadli zon

teraju.id, Jakarta— Kebakaran LP Tangerang yang bangunannya sudah berusia 42 tahun, mengakibatkan puluhan napi meninggal, Rabu (8/9/2021).

Fadli Zon menyoroti kondisi lapas yang kapasitasnya melampaui batas. “Kapasitas lapas yg lampaui batas tampung adalah masalah klasik dari waktu ke waktu. Ternyata tak ada perbaikan,” cuitnya melalui Twitter, Kamis (9/9).

Anggota DPR yang terkenal vokal ini menuntut tanggungjawab pemerintah. “Artinya pemerintah gagal selesaikan soal ini baik secara sistemik maupun fisik. 41 napi warga RI wajib dilindungi tumpah darahnya. Menkumham harus tanggung jawab. Harusnya mundur Menkumham ini.”

Di tempat terpisah, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly menyoroti kondisi over kapasitas yang terjadi hampir di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia.

“Biang kerok di lapas kami adalah over kapasitas, karena warga binaan napi narkotika. Selalu saya katakan, sangat aneh sekali satu jenis kejahatan yaitu kejahatan narkotika mendominasi lebih dari 50 persen isi Lapas,” keluh Yasonna, Rabu (8/9).

Yasonna H. Laoly, meminta maaf kepada seluruh pihak, khususnya korban dan keluarga korban insiden kebakaran. Ia turut menyampaikan bela sungkawa mendalam. (YA)

Baca Juga:  Banyak Bahasa..

Written by teraju

literasi kesehatan

Literasi Kesehatan

biodiesel b30

LPEM UI: Risiko Ekonomi dari Kebijakan Biodiesel yang Progresif