in

Festival Ramadhan Dibuka, Usung Duta Santri dan Lomba Menulis

duta santri teraju

teraju.id, Poernama— Untuk pertama kali, teraju bekerjasama dengan DMI Kalbar, MABM Kalbar, BKPRMI Kalbar, BWI Kalbar, Hidayatullah Kalbar, ISNU Kalbar, FKPT Kalbar, dan Dewan Da’wah Kubu Raya mengadakan Festival Ramadhan.

Ajang Festival Ramadhan ini akan menghadirkan dua perlombaan yang kental bernuansa ramadhan: Duta Santri dan Lomba Menulis.

Duta santri sendiri adalah ajang musabaqah tausiyah buat santri Kalbar, yang bersekolah/mondok di Kalbar. “Untuk babak penyisihan, para santri cukup merekam video ceramah berdurasi 3-5 menit, lalu kirim ke email [email protected]gmail.com atau Telegram/WA di nomor 081255590009,” ujar Yaser, ketua panitia festival.

Adapun timeline lombanya, pengiriman video 16-26 April 2021 (Penyisihan); tahap penilaian 26-28 April lalu final 10 besar 1-2 Mei 2020. “Final akan berlangsung live di Masjid Hidayatullah Ampera, tentu dengan penerapan protokol kesehatan.”

Yaser juga tak menampik bila ada finalis yang berasal dari luar Pontianak, “Bagi yang di luar kota, ceramah akan dilaksanakan secara virtual. Dengan catatan, koneksi internetnya lancar. Tentu kita akan dampingi saat streaming.”

Baca Juga:  Klinik Kesehatan Penyelamat Hutan, Ringankan Beban Pasien, Bayar Berobat Bisa Pakai Bibit Pohon

Tak hanya ajang Duta Santri, Festival Ramadhan ini juga akan menggelar Lomba Menulis yang terbuka untuk umum. “Peserta terbuka untuk umum. Tidak membedakan umur. Kami akan menilai orisinalitas tulisan, penggunaan bahasa dan relevansi topik yang diangkat,” ujar Yusriadi, dosen IAIN Pontianak yang juga menjadi salah satu juri.

WhatsApp Image 2021 04 16 at 9.32.37 AM
Lomba Menulis

Tiga pemenang akan mendapatkan uang dan bingkisan. Sedangkan 20 tulisan terpilih akan dibukukan. “Kami ingin mengapresiasi para penulis Kalbar, jangan berhenti berliterasi meski pandemi,” ujar Yusriadi, salah satu tokoh literasi Kalbar ini.

Panitia berharap para peserta dapat mengirimkan karyanya sesegera mungkin untuk menghindari kendala teknis. “Juga semakin cepat mengirimkan ceramahnya, maka peluang untuk mendapatkan juara favorit semakin besar,” ungkap Yaser.

Pemilihan Duta Santri ini akan disiarkan secara live streaming lewat Youtube teraju. Diharapkan dengan event ini akan hadir figur muda mumpuni yang mampu menghadirkan wajah Islam Indonesia di dunia maya. “Info lebih lanjut, dapat menghubungi nomor berikut, 085820029918,” pungkas Yaser.

Written by teraju.id

rakernas binabud 2021

Terobosan Baru Binabud di Tengah Pandemi

Sertifikat Akreditasi MPAI 2021

Prodi PAI Pascasarjana IAIN Pontianak Terakreditasi “B”