in

Gubernur Sutarmidji Kukuhkan MABM 2023-2028

Gubernur Sutarmidji dan tokoh nasional asal Kalbar Dr H Oesman Sapta Odang memasuki pendopo, Minggu, 13/8/23.

teraju.id, Pendopo – Gubernur Kalbar H Sutarmidji, SH, M.Hum selaku Ketua Dewan Kehormatan DPP Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat mengukuhkan sekaligus melantik Prof. Dr. H. Chairil Effendy, MS selaku ketua didampingi Drs AR Muzzamil, M.Si selaku Sekretaris Umum masa bakti 2023-2028. Ketum dan sekum didampingi struktur pengurus lengkap, termasuk Dewan Penasehat.

Pengukuhan dan pelantikan pada Minggu, 13/8/23 malam di Pendopo Gubernur ini merupakan inti acara dimana sebelumnya disemarakkan dengan tarian Sanggar Andari, pembacaan ayat suci Alquran, doa, serta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Prof. Dr. H. Chairil Effendy, MS dalam pidato pengukuhannya mengaku bahwa komposisi pengurus masa bakti 5 tahun ke depan memprioritaskan bidang pendidikan dan kesehatan serta digitalisasi budaya melayu sebagai respon aktif terhadap kemajuan sain dan teknologi yang kini semakin bergerak cepat.

Bincang akrab dua pemimpin dan saling mengapresiasi untuk memajukan Kalimantan Barat.

Oleh karena itu disusun kepengurusan yang multidisiplin ilmu dan profetik. Sehingga heterogen, namun tetap melayu yang mengedepankan etika dan santun atau berakhlakul karimah.

Terlibat juga multipartai. Multi kampus. Multi puak melayu. Sehingga diharapkan penuh gairah menjawab tantangan zaman.

Baca Juga:  Partai Golkar Gelontorkan Budget Iklan Online Terbesar di Kalbar

Sementara itu Gubernur Kalbar memberikan amanah agar MABM segera membukukan arsitektur budaya melayu yang kian terkikis dan kehilangan referensi. Demikian agar dapat diwariskan kepada generasi muda ke depan.

Sutarmidji juga menyebutkan masih banyak prestasi yang bisa didudukkan bagi Kalbar di level nasional. “Yang sulit saja bisa, apalagi yang mudah,”

Ia menyebut desa mandiri pada tahun 2018 hanya 1 di Kalbar, dalam 5 tahun naik 877.

Sedikitnya 76 prestasi nasional dibukukan. Sehingga tokoh nasional asal Kalbar Dr. Oesman Sapta Odang dalam pidato puncak pengukuhan memuji duet Sutarmidji – Ria Norsan adalah pemimpin terbaik Kalbar dalam sejarahnya.

“Menyimak seluruh isi pidato, agaknya pasangan Sutarmidji-Ria Norsan memang pasangan yang cocok,” ungkapnya disambut applaus 600-an undangan yang hadir. (kan)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan serta Kabut Asap Kabupaten Landak

Warga Jalan Jambi Uacara Bendera Peringati HUT RI ke 78