in

Gula Semut “Raja Semut” Produksi Maju Tani Dusun Kelang Jaya

Gula Semut

Teraju News Network, Kelang Jaya – Matahari mulai panas, kami mulai berangkat ke Kubu menggunakan roda dua hari Sabtu 02 Oktober 2021. Perjalanan kali ini agak lama karena kami belum pernah berkendara roda dua ke Kubu. Di Pasar Rasau Jaya, kami berhenti istirahat sebentar sambil bertanya, “ke Kubu lewat jalan mana?”

Tujuan kami ke Kubu untuk bertemu dengan Kelompok Masyarakat Maju Tani di Dusun Kelang Jaya Desa Kubu, Kubu Raya.

Kelompok Masyarakat Maju Tani yang anggotanya sehari-hari beraktivitas sebagai petani, berkebun, nelayan, peternak dan pengolahan hasil pertanian. “Jumlah anggota sekarang ini ada 50 anggota yang terdiri dari berbagai macam pekerjaan,” jelas pak Harno, selaku ketua Kelompok Masyarakat Tani Maju.

Banyak potensi yang ada di dusun Kelang Jaya belum banyak di kembangkan. Seperti Pak Suparmo kurang lebih 3 tahun ini memproduksi gula semut. “Hanya menambah waktu sedikit dari membuat gula kelapa menjadi gula semut akan mendapat hasil yang lebih,” jelas Parmo.

Dari 20 liter air legen (nira) kelapa setelah diolah akan menghasilkan kurang lebih 3,5 kg gula semut. Untuk pemasaran, Parmo menjual gula semut yang sudah dikemas dengan harga Rp. 10.000/200 gr. “Dari harga tersebut, keuntungan yang didapat sudah sangat layak untuk diusahakan,” tambah Parmo sambal memperlihatkan hasil produksinya.

Baca Juga:  Kelompok Masyarakat Maju Tani Sukses Tanam Bakau

“Gula semut produksi dari Dusun Kelang Jaya dengan merk “Raja Semut” baru mempunyai 2 varian rasa, yaitu rasa original dan jahe merah. Sekarang ini permintaan gula semut produksi Dusun Kelang Jaya terus meningkat sampai kami tidak bisa melayaninya,” ujar Parmo.

Menurut Parmo, sampai tak terlayani disebabkan karena belum banyak yang mengolah gula semut dan lebih terbiasa untuk mengolah gula merah, sekarang saja yang memproduksi gula semut hanya sebatas keluarga Parmo saja.

Lain lagi dengan Pardi yang membudiayakan lebah kelulut, ada belasan kotak tersebar di halaman rumahnya. “Untuk sekarang ini produksi hanya untuk konsumsi sendiri dan kalau ada saudara yang datang sebagai oleh-oleh,” ujarnya.

Banyak lagi potensi yang bisa dikembangkan dari Dusun Kelang Jaya Desa Kubu menuju Kubu Raya Menanjak. (hd)

Written by Huntung Dwiyani

Geliat Mangrove di Desa Kubu.1

Geliat Mangrove di Desa Kubu

Popularitas partai

Partai Demokrat, PDIP dan PKS Kuasai Dunia Maya