in

Hari ini Peluncuran Buku Ramadan dan Keragaman

peluncuran buku ramadan dan keragaman


Teraju News Network – Setelah perhelatan Duta Santri di event Festival Ramadhan 1442 H pada bidang lomba essai telah berhasil diselenggarakan dalam mengisi serta memaknai bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah bertepatan dengan 2021 Masehi. Terkumpul hampir dua lusin naskah dan kini dapat dinikmati dalam sebuah buku.

Peluncuran buku pada hari ini, Jumat, 10/6/21 atas kolaborasi antarlembaga pegiat literasi yakni STAIN Press / IAIN Pontianak, FKUB Kalbar, FKPT Kalbar, BWI Kalbar, Kanwil Kemenag Kalbar, ISNU Kalbar, Hidayatullah hingga Bank Kalbar. Media Teraju.Id sebagai salah satu media perjuangan di bidang keliterasian ikut bersuka-cita karena tidak hanya kegiatan Duta Santri dapat berjalan secara dalam jaringan maupun pertemuan fisik terbatas dengan standar prokes ekstra ketat, juga diperoleh pumpunan essai yang menarik seperti tertuang di dalam isi buku ini.

Sampai buku ini diluncurkan, berarti pertemuan demi pertemuan dalam merancang program hingga realisasi kegiatan telah paripurna. Selanjutnya isi dari masing-masing essai akan berbicara dalam memaknai masa. Khususnya esensi literasi yang mengikat lupa. Mengingatkan kepada publik agar tidak lupa mengisi bulan literasi bernama bulan suci Ramadhan, bulan diturunkannya perintah membaca dan menulis. Bulan pencerahan terhadap ilmu pengetahuan. Bulan yang juga dikenal sebagai bulan penuh berkah, rahmah, dan ampunan.

Buku yang diluncurkan ini juga menandai sisi kreatif kolaboratif antarlembaga yang disebutkan di atas yang tidak pernah mau berhenti, kendati dihadang dengan pandemi. Selalu mencari jalan keluar aktif dan kreatif tanpa melanggar prokes, sehingga “mewisuda” pandemi nan tak kunjung surut ini melalui gawai digital. Hasilnya, ternyata bisa. (kan)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

islam pulau kabung

Islam di Pulau Kabung

IMG 20210611 WA0049

Fitriani Minta Polda Hormati Azas Praduga Tak Bersalah–Delapan Tersangka Penggelapan