in

Hari ini Peluncuran Program Wakaf Uang BWI Kalbar

lounching gerakan wakaf uang

Teraju News Network, Pontianak – Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kalimantan Barat pada hari ini, Rabu, 15/12/21 meluncurkan Gerakan Wakaf Uang. Program wakaf uang ini bermitra dengan perbankan syariah, yakni Bank Kalbar Syariah.

Ketua BWI Kalbar, Prof Dr H Kamarullah, SH, MH mengatakan bahwa program wakaf uang bagi Kalbar ini adalah sejarah baru bagi peradaban perwakafan daerah ini. Sebab menurutnya, selama Islam masuk ke Kalbar, syariat wakaf yang dilaksanakan hanyalah 3M. Ketiga-M tersebut adalah wakaf mesjid, wakaf madrasah dan wakaf makam.

“Wakaf uang menjadi ladang amal sosial dalam Islam di mana ibadah khusus ini dapat dilakukan oleh kaum muslimin dan muslimat, baik kaya maupun miskin. Sebab nilai wakaf uang tidak dibatasi besar dan kecilnya,” ungkap Ketua BWI Kalbar, Prof Dr H Kamarullah, SH, MH seraya menimpali bahwa istimewanya ibadah wakaf adalah usia boleh putus, tetapi pahala mengalir terus.

Menurut guru besar hukum tata negara Universitas Tanjungpura ini, dalam sejarahnya ibadah wakaf hanya dapat dilakukan oleh orang-orang kaya yang memiliki tanah luas sehingga diperuntukkan bagi mesjid, madrasah dan makam. Kini telah tersedia jenis wakaf uang di mana kaum muslimin dan muslimat Kalbar dapat menyetorkan sejumlah uangnya melalui Bank Kalbar Syariah lewat transaksi wakaf uang. “Wakaf uang ini aman. Uang pokok wakafnya tidak digunakan secara habis pakai, tetapi manfaatnya yang dikembangbiakkan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Warisan yang (Diharapkan) Elok

Oleh karena jumlah setoran wakaf uang dari wakif tidak pernah berkurang jumlahnya, bahkan terus bertambah, akan menjadi senjata ampuh bagi pembangunan peradaban umat Islam di Kalbar. “Melalui peluncuran wakaf uang di Kalbar, kita menyerukan kepada alim ulama dan para juru dakwah untuk dapat terus meningkatkan sosialisasi wakaf uang sehingga dapat dihimpun dana sebesar-besarnya bagi pembangunan kesejahteraan umat Islam,” imbuhnya. Adapun BWI bertindak selaku nazir wakaf uang sehingga berfungsi melakukan kontrol dan pemberdayaan wakaf uang secara produktif dari para wakif.

Sementara itu Ketua Panitia Launching Wakaf Uang, Dr Rasiam Bintang menambahkan bahwa peluncuran program wakaf uang pada hari ini juga mengundang Gubernur Kalbar H Sutarmidji, SH, M.Hum agar menandai tonggak sejarah penting sekaligus menyaksikan penanda-tanganan kesepakatan kerja sama antara BWI Kalbar dengan Bank Kalbar Syariah. Bank Kalbar Syariah bernaung di bawah Bank Kalbar dengan pemegang saham mayoritasnya Pemerintah Provinsi Kalbar.

“Kita juga membentuk komunitas milenial pecinta wakaf,” tegas Rasiam Bintang yang juga pengajar di IAIN Pontianak. Menurutnya, acara monumental ini diselenggarakan di Aula II Gedung Kanwil Kemenag kawasan Jalan Sutan Syahrir, Kota Pontianak, Kalbar, pukul 08.00 hingga selesai.

Baca Juga:  Sosialisasi Terbuka di Penghujung Tahun

Program wakaf uang di Kalbar ini sebagai menyusul Gerakan Nasional Wakaf Uang (GWNU) yang telah diluncurkan oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo didampingi Wapres, Menteri Keuangan dan Ketua BWI Pusat pada 24 Januari 2021. (kan)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

trio volare 1

Trio Volare di Forum Sosialisasi Juklak Perda RZWP

launching wakaf uang kemenag.4

Sukses Launching Wakaf Uang, BWI Tindaklanjuti dengan Pilot Project