in ,

Komunitas 1000 Guru Rayakan Kemerdekaan di Desa Kelumbik Sintang

IMG 20190821 WA0003

Oleh: Abyan Odhy Dzakwan

teraju.id, Sintang – Komunitas 1000 Guru Regional Kalimantan Barat kembali menggelar kegiatan Travel & Teaching yang ke 14. Kali ini kegiatannya berlokasi di SDN 11 Sungai Maram, Sintang, 16 hingga 18 Agustus 2019.

Kegiatan Travel & Teaching kali ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 74 tahun serta perayaan hari jadi Komunitas 1000 Guru yang ke 7.

Para relawan berkumpul di tugu Jam Sintang pada pagi hari. Berangkat ke lokasi menggunakan dump truck. Selama perjalanan para relawan dimanjakan dengan pemandangan bukit Kelam yang merupakan batu terbesar ke 2 di dunia.

IMG-20190821-WA0004

Setelah sampai di lokasi, para relawan disambut adik-adik dari SDN 11 Sungai Maram. Mereka menyambut para relawan dengan hangat dan suka cita, bahkan ada yang menginap di sekitar sekolah untuk menunggu kedatangan para relawan.

Andri Lie, selaku ketua panitia dalam sambutannya mengatakan, “walaupun nama komunitasnya 1000 guru, tidak semua relawan berlatar belakang guru. Ada yang berprofesi sebagai dokter, mahasiswa, pegawai swasta dan ASN. Dan juga, tidak semua relawan berasal dari Kalimantan Barat, beberapa ada yang berasal dari luar pulau Kalimantan seperti Medan, DIY dan Ciamis.”

Dan tak lupa ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga desa Kelumbik atas sambutan hangat layaknya keluarga, serta diperbolehkan untuk melaksanakan kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga sekitar. Pada malam harinya dilanjutkan dengan perlombaan karaoke yang sangat meriah. Warga pun antusias untuk berpartisipasi di lomba tersebut.

Kegiatan dilanjutkan esok hari dengan kegiatan utama teaching (mengajar) sesuai dengan kelas masing-masing. Sebelum memulai kegiatan teaching, para relawan, warga dan adik-adik menggelar upacara bendera.

IMG-20190821-WA0005

Bapak Wesly, selaku perwakilan dari desa Kelumbik, berterima kasih kepada relawan yang telah jauh-jauh datang ke desa Kelumbik untuk melaksanakan kegiatan serta berdonasi. “Terakhir kali, kami melaksanakan kegiatan upacara bendera ini 3 tahun yang lalu dan semoga apa yang diberikan oleh para relawan dapat bermanfaat bagi para siswa SDN 11 Sungai Maram,” ujarnya.

Tidak hanya mengajar, para relawan juga mengenalkan pentingnya cuci tangan dengan sabun dan cara praktik langsung ke warga Kelumbik.

Setelah kegiatan teaching selesai. Kegiatan dilanjutkan dengan lomba, mulai dari lomba makan kerupuk, makan biscuit yang diletakkan di dahi, lari dengan batok kelapa, balap karung, menggiring bola dengan topi berbentuk corong, tarik tambang dan tak lupa joget balon.

Written by teraju

IMG 20190821 074018 243

Diskusi Buku Sebagai Bentuk Mengekspresikan Kemerdekaan

WhatsApp Image 2019 08 22 at 00.17.13

Yayasan Hamid Surati Mensos, Tembusan ke Presiden, Gubernur Menyusul