in

Kontribusi KPH Landak dalam Gelar Galeri Hasil Hutan Kalimantan Barat

teraju.id, Pontianak— Galeri Hasil Hutan dalam rangka HUT Pemerintah Provinsi Kalbar ke 65 telah dibuka oleh Gubernur, 28 Januari 2022. Semangat UPT KPH di lingkungan Dinas LHK Provinsi Kalbar pun bergiat, salah satunya UPT KPH Wilayah Landak turut serta secara pro aktif.

Berbagai hasil yang telah UPT KPH Wilayah Landak capai disajikan dan diekspose dalam gelar acara tersebut. Maksud dan tujuannya supaya masyarakat yang datang bisa melihat dan mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh UPT KPH Wilayah Landak dalam melaksanakan kegiatannya selama ini.

Adapun produk-produk yang ditampilkan antar lain: Berbagai hasil kerajinan anyaman rotan dan kayu, produk olahan makanan yang berasal dari hutan berupa: Manisan Asam Paya, aneka keripik cemilan dan Minuman Fermentasi dari berbagai macam buah yang mempunyai Khasiat tertentu, serta Produk Madu Kelulut dengan berbagai Varian rasa tidak ketinggalan juga Teh Akar Bajakah yang sudah dikenal luas masyarakat akan khasiatnya.

Semua produk-produk tersebut dihasilkan dari kelompok-kelompok binaan UPT KPH Wilayah Landak dalam merealisasikan program pemberdayaan.

Dari sisi Rehabilitasi Lahan di luar Kawasan Hutan, UPT KPH Wilayah Landak menampilkan hasil pelaksanaan kegiatan pendistribusian Bibit Tanaman Produktif. Pada Tahun 2021 telah merealisasikan pendistribusian Tanaman Produktif sebanyak 12.000 bibit yang disalurkan ke 14 Desa di dalam wilayah kerja UPT KPH Wilayah Landak. Adapun jenis-jenis bibit tersebut antara lain : Kenari, Gaharu, Petai dan Jengkol.

Baca Juga:  Galeri Hasil Hutan

Dalam Pameran Produk Hasil Hutan dalam rangka Pembukaan Galeri Hasil Hutan, KPH Landak juga membagikan bibit salah satu komoditi unggulan KPH Landak yaitu Bibit Petai sebagai oleh-oleh souvenir guna menanamkan semangat gemar menanam bagi masyarakat luas.

Kepala UPT KPH Wilayah Landak, Ir. Burhanudin menjelaskan bahwa, “apa yang telah dilaksanakan oleh UPT KPH Wilayah Landak beserta jajarannya adalah dalam rangka ikut membantu mensejahterakan masyarakat. Mudah-mudahan apa yang telah kami lakukan bisa berdampak secara nyata baik dari peningkatan ekonomi masyarakat maupun keterjagaan lingkungan di Kabupaten Landak.”

Written by teraju.id

Arwana Kembali

Vaksin Sambil Membayangkan Amplop