in ,

Lendo Novo, Sang Penggagas Sekolah Alam Telah Berpulang

lendo novo meninggal

teraju.id, Sayogya— Beliau berpulang, 22 Agustus 2021. Lendo Novo, seorang pejuang pendidikan Indonesia yang telah menorehkan begitu banyak perubahan dalam pendidikan sekolah di Indonesia.

Selama 23 tahun mengkonsep pendidikan sekolah alam, merintis sekolah alam pertama, menumbuhkan inisiatif berdirinya berbagai sekolah alam di Indonesia.

Kisah pertemuan guru kami, Abah Rama Royani, dengan beliau dan hasil Talents Mapping nya yang extraordinary, bagi kami adalah pengingat bahwa semua ilmu dari alm. memang telah Allah modali bekal besar sebagai pengungkit perubahan.

Ilmu dari guru tak habis-habis, dan belum semua kami praktekkan sebagai murid di SAYOGYA— Sekolah Alam Yogyakarta.

Bang Lendo Novo menghendaki agar setiap sekolah alam berbasis pada potensi daerah. Maka kami di SAYOGYA berusaha untuk mengangkat budaya luhur Jawa, kearifan desa, permainan tradisional, bahkan cara hidup masyarakat desa.

Lendo Novo berpesan agar sekolah alam adalah sekolah dengan kualitas sangat tinggi namun harga terjangkau. Maka sejak tahun kedua, di SAYOGYA tidak ada uang pangkal. Bang Lendo Novo memberikan konsep kurikulum sekolah alam: Pengembangan akhlak, dengan metode ‘teladan’. Pengembangan logika, dengan metode action learning ‘belajar bersama alam’. Pengembangan sifat kepemimpinan, dengan metode ‘outbound training’. Pengembangan mental bisnis, dengan metode magang dan ‘belajar dari ahlinya’ (learn from maestro).

Baca Juga:  Klinik Kesehatan Penyelamat Hutan, Ringankan Beban Pasien, Bayar Berobat Bisa Pakai Bibit Pohon

4 hal yang senantiasa kami ikhtiarkan terlaksana di SAYOGYA.

Semoga alm. Bang Lendo Novo mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Semoga kami semua di SAYOGYA senantiasa konsisten sebagai murid, menetapi jejak ilmu beliau sebagai guru kami. (/net)

Written by teraju.id

Direktur Polnep Pontianak Apresiasi Tim Tasa GIS Prodi Desain Kawasan Binaan Juara Nasional

Direktur Polnep Pontianak Apresiasi Tim Tasa GIS Prodi Desain Kawasan Binaan Juara Nasional

digitec

8 Seri Jam Digitech Pria Terbaru Paling Canggih