in

Mahasiswa Prodi Desain Kawasan Binaan Arsitektur Polnep Lolos Program Wirausaha Nasional Diksi

IMG 20210531 095814 784

teraju.id, Pontianak – Mahasiswa Desain Kawasan Binaan Jurusan Arsitektut Politeknik Pontianak kembali mengukir prestasi tingkat nasional Tahun 2021. Mereka lolos dalam Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) tahun 2021 yang didanai oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi.

Mahasiswa DKB yang mengikuti program ini terdiri dari Listra Debby sebagai ketua, dan 4 orang anggota yaitu Yuli Artika, Fauziah Lestari, Yuprianto dan Fhiella. Judul yang diajukan adalah Geospasial Pemetaan Desa berbasis GIS (TASA-GIS).

Kegiatan Wirausaha ini merupakan produk diseminasi dari hasil penelitian yang sudah dan sedang dikerjakan oleh dosen pembimbing mereka yaitu ibu Nunik Hasriyanti mengenai STUDI POLA ARAHAN TATA RUANG BERBASIS MITIGASI BENCANA AKIBAT KENAIKAN MUKA AIR LAUT PADA KAWASAN PESISIR KALIMANTAN BARAT. Lokus yang diambil adalah di Desa Pulau Lemukutan sebagai basis data untuk program wirausaha yang mereka kerjakan nantinya. Adapun hasil dari kegiatan ini berupa Pembuatan peta desa, Pemetaan desa berbasis gis (geographic information system) yang berfungsi untuk mendata titik lokasi sarana dan prasarana serta melihat titik terhadap pembangunan yang ditargetkan untuk ke depannya. Peta rawan bencana yang memuat informasi informasi tentang masalah kebencanaan pada satu wilayah sebagai dasar bagi pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan pengurangan resiko bencana, dan website desa sebagai manajemen informasi sebagai media informasi publik yang dapat diakses secara online.

Baca Juga:  Emas Hijau Faperta: Tak Kenal - Maka - Tak Sayang

Mahasiswa ini membantu desa dalam pemetaan desa. Membuat pemetaan kawasan desa yang berbasis GIS yang mendukung desa melek teknologi. Pemetaan kawasan rawan bencana yang mendukung desa tanggap bencana. Dann, mengekspost kawasan dan program keberlanjutan desa kepada khalayak ramai melalui website desa untuk mendukung desa yang mandiri dan desa melek teknologi. (Rilis)

Written by teraju.id

Serumpun Berpantun Berhalal Bi Halal

Serumpun Berpantun Berhalal Bi Halal

pohon kelapa sawit

Ekspansi Sawit Membahayakan: Pemerintah Gagal Melindungi Lingkungan dan Masyarakat Terdampak