in ,

Menyaksikan Keindahan Istana Pahat di Petra Yordania

Salah satu keajaiban dunia dan menjadi destinasi wisata andalan di Yordania adalah Istana Pahat di Komplek Petra.

Di area ini, kita melihat batu besar dan tinggi menggunung hingga dipahat tampak seperti istana dibuat oleh kaum Nabatean sekitar 2000 tahun sebelum masehi. Nabatean adalah keturunan kaum Tsamud.

Di antara keahlian kaum Tsamud adalah memahat batu besar. Kepada kaum Tsamud inilah Allah mengutus Nabi Saleh ‘alaihissalam. Di antara mukjizat Nabi Saleh adalah keluarnya Unta betina dari dalam batu besar untuk mengalahkan keahlian kaum Tsamud dalam seni pahat batu.

Kisah nabi Saleh ini diabadikan dalam Al-Qur’an, antara lain QS. Al-A’ raf: 73, 74, dst. serta ayat-ayat lainnya di QS. Asy-Syams. Ziarah ini bagian dari Tadabbur ayat-ayat Kauniyah dan Qauliyah khususnya terhadap peninggalan para Nabi dan kaumnya.

Menyaksikan langsung batu besar tinggi dengan susunan deretan sangat apik nan indah, subhanallah… Mahasuci Allah dengan segala kebesaran dan kekuasaannya. Sebagai ibrah pelajaran bahwa sehebat apa pun kehebatan seseorang atau kaum, tapi menentang kebenaran yang dibawa para Nabi dan Rasul Allah, pasti mereka binasa.

Keselamatan dan kebahagiaan dunia-akhirat dengan mengikuti apa yang disampaikan dan tuntunan para Nabi dan Rasul Allah.

Petra Yordania, 9 Nopember 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Written by Wajidi Sayadi

MTQ XXX Provinsi Kalbar Dimulai

Perhatikan 5 Cara Memilih Motor Baru Ini Agar Tidak Salah Pilih