in

Oren Rianto Wakili Kalbar di Pemilihan Duta Maritim Indonesia 2022

Teraju News Network, Jakarta – Bangga!! pemuda asal Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, terpilih mewakili provinsinya dalam ajang Duta Maritim yang diadakan ASPEKSINDO di Jakarta Pusat. ASPEKSINDO (Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia) merupakan organisasi kerjasama dan hubungan kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir, serta sebagai penghubung antara Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir dengan Pemerintah pusat dan Industri/Swasta serta pihak lain baik dalam dan luar negeri.

ASPEKSINDO lahir atau didirikan pada tanggal 10 Agustus 2017 yang juga bersamaan dengan hari kebangkitan teknologi Nasional (HAKTEKNAS) dalam forum Kongres Nasional Maritim (Konasmi) yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI). ASPEKSINDO dibentuk atas dasar hasil kesepakatan yang dideklarasikan oleh para Kepala Daerah (Gubernur, Walikota dan Bupati) Kepulauan dan pesisir seluruh Indonesia atau wakil masing-masing Pemerintah Daerah secara konstitusional dan demokratis.

Duta Maritim Indonesia 2021 dibuka pada tanggal 21 Febuari 2022 yang disambut oleh Direktur Eksekutif ASPEKSIND Dr. Andi Fajar Asti, M.Pd., M.Sc dan Brigjen. Pol. (Purn.) Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum selaku Gubernur Kalimantan Utara yang sekaligus membuka acara Sekolah Dutra Maritim Indonesia. ASPEKSINDO merupakan ajang perdana yang diadakan oleh ASPEKSINDO untuk meningkatkan kemaritiman seluruh Indonesia melalui kawula muda atau milenial yang memiliki kapabilitas dan keinginan dalam memajukan Indonesia dalam segi maritim. ASPEKSINDO dalam kegiatan tersebut memberikan pelatihan kepada seluruh kawula muda yang terpilih mewakili provinsinya dari seluruh Indonesia, untuk siap memajukan kemaritiman di daerahnya masing-masing. Sebaanyak 403 orang yang telah mendaftar dalam ajang tersebut, melalui berbagai seleksi, kemudian hanya menyisakan 33 peserta dari 33 provinsi di Indonesia.

Oren Rianto atau yang biasa akrab dipanggil Oren, terpilih sebagai satu-satunya pemuda asal Kalimantan Barat yang terpilih menjadi Duta Maritim Indonesia dan mewakili provinsinya. Oren merupakan satu diantara kawula muda yang memiliki prestasi dan mengharumkan nama Kalimantan Barat di ajang nasional. Oren merupakan lulusan S1 Hubungan Internasional Universitas Tanjungpura, yang dalam masa perkuliahannya juga aktif dalam forum-forum, organisasi serta kegiatan-kegiatan sosial. Dengan berbekalkan pengalamannya itu, ia memiliki impian untuk memajukan daerah pesisir laut yang ada di Kalimantan Barat dengan cara penyuluhan “digital marketing” kepada seluruh nelayan serta UMKM, serta berperan aktif dalam mengkolaborasikan seluruh komponen masyarakat melalui program yang digagasnya.

Baca Juga:  25 Tahun MABM, Sinergi dan Kolaborasi Kunci Membangun Kalbar

Ia berpendapat bahwa kemajuan bangs aini bukan hanya berada ditangan kawula muda saja, akan tetapi juga seluruh komponen masyarakat. Kawula muda dekat dengan dunia digital dan perkembangan zaman atau globalisasi, sehingga bisa dimanfaatkan dalam segi promosi secara digital dan inovasi yang mengikuti perkembangan zaman. Para orang tua juga memiliki kapabilitas dalam segi pembangunan para Bapak-bapak membuat atau menjalankan infrastruktur, sedangkan para Ibu-ibu rata-rata memiliki jiwa kreatif untuk membuat karya dan olahan yang dapat dipasarkan untuk meningkatkan perekonomian. Secara garis besarnya, ia berkata bahwa seluruh lapisan masyarakat memiliki porsi dan kapabilitas masing-masing yang dapat dikolaborasikan untuk meningkatkan kemaritiman di Indonesia.*(rilis)

Written by teraju.id

persimpangan taqdir

Memahami Macam – Macam Takdir

‘Wajah’ Kecamatan Kubu