in

Pelatihan Produk Halal Bagi UMKM di Desa Sebubus oleh Tim Matching Fund Kedaireka Polnep

Teraju News Network, Sambas – Tim Kedaireka Matching Fund Polnep, mengadakan kegiatan pelatihan produk halal bagi UMKM yang ada di Desa Sebubus. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1-2 Desember 2022 bertempat di Aula Balai Desa Sebubus. Dalam kegiatan ini, sebagai pemateri adalah Bapak Mafitrza dari Gradasi Kalbar (Generasi Digital Indonesia) yang memberikan materi tentang produk halal dan proses membuat produk halal bagi UMKM yang sudah memiliki produk siap untuk dibuatkan ijinnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta yang didominasi oleh ibu-ibu pemilik usaha makanan yang ada di Desa Sebubus. Mereka sangat antusias dengan diadakannya kegiatan ini, terutama dapat menambah wawasan dan pengetahuan mereka mengenai produk halal bagi usaha makanan yang sudah mereka miliki.

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Bapak Irpan Riady, selaku Kepala Desa Sebubus, Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini perlu dilaksanakan untuk meningkatkan nilai produk dan nilai jual produk makanan yang dibuat oleh ibu-ibu di Desa Sebubus sehingga produk mereka bisa dikenal hingga ke luar daerah. Selain itu juga bisa membantu pemasaran yang lebih luas lagi untuk meningkatkan perekonomian UMKM di Desa Sebubus.

Baca Juga:  6 Cara Mencari Ide Usaha. Langsung Siap Buka Usaha

Dalam sambutannya, Nunik Hasriyanti selaku ketua tim Matching Fund Kedaireka tahun 2022 menyambuy baik atas kehadiran pelaku UMKM yang ada di Desa Sebubus. Beliau berharap dengan adanya pelatihan ini, dapat membantu produk-produk makanan pelaku UMKM ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi dengan banyaknya produk sejenis. Semoga dengan dilaksanakannua kegiatan ini, Polnep dan pihak Desa Sebubus, bisa menjalin kerjasama lebih banyak lagi di kegiatan-kegiatan berikutnya sebagai bentuk pendampingan UMKM di Desa Sebubus.

Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini, memberikan pengalaman berharga dalam melakukan kegiatan pemberdayaan bagi masyarakat Desa dan mempraktekkan keilmuan di kampus sebagai bentuk dari proses belajar Project Based Learning.(r)

Written by teraju.id

Menulis dengan Niat dan Serius

Tim PPM Jurusan Teknik Arsitektur Polnep 2022 Membuat Signage sebagai Media Promosi pada Kawasan Wisata Pengrajin Bidai di Desa Kreatif Sekida – Jagoi Babang