in

Pergelaran Antarbudaya dalam ‘Pesta Perpisahan’ oleh Siswa Pertukaran Pelajar dari Seluruh Indonesia

Persembahan Sembilan Puluh Enam Siswa-Siswi Terbaik sebelum Menjalani Kehidupan sebagai Siswa Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri

Teraju News Network, Jakarta – Sabtu, 6 Agustus 2022 – Yayasan Bina Antarbudaya menyelenggarakan malam perpisahan siswa-siswi terpilih yang akan melakukan pertukaran budaya melalui program pertukaran pelajar AFS dan Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) dalam acara “Pesta Perpisahan yang diselenggarakan pada Sabtu, 6 Agustus 2022, di Hotel Desa Wisata, TMII, Jakarta. Pada kesempatan ini sembilan puluh enam siswa-siswi terpilih mempersembahkan pentas drama musikal yang dipersiapkan matang oleh para peserta dan juga Kakak volunteer Bina Antarbudaya.

Para siswa ini merupakan siswa berprestasi yang terpilih dari lebih tiga puluh ribu calon peserta yang mendaftar, kemudian mengikuti seleksi bertahap di daerah dan di tingkat nasional, lalu terpilih untuk mengikuti Program AFS dan YES di tahun 2022-2023. Dua puluh enam siswa AFS yang akan berangkat ke berbagai negara; Belgia, Brazil, Denmark, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Italia, Serbia, Swedia, Swiss, serta tujuh puluh siswa YES yang akan berangkat ke Amerika Serikat. Selama sepuluh bulan di luar negeri, siswa-siswi ini akan tinggal bersama keluarga angkat dan bersekolah di SMA setempat. Dalam masa ini, mereka diharapkan akan mengalami perkembangan yang menonjol dalam hal kemandirian dan rasa percaya diri, sifat kritis, rasa tanggung jawab, kepekaan dan empati kepedulian terhadap lingkungan, kemampuan dalam bahasa asing, kepemimpinan, serta menguatkan rasa kebangsaan.

“Pesta Perpisahan” siswa-siswi pertukaran pelajar program AFS & YES merupakan ajang penampilan bakat yang hanya bisa disaksikan setahun sekali dan selalu berkesan setiap tahunnya. Tahun ini para siswa yang tergabung dalam “Semesta Warna Nusantara”, mempersembahkan sebuah drama musikal yang disuguhkan melalui pertunjukan seni peran, musik, vokal dan tari yang mengombinasikan budaya nusantara dan modern. Acara ini dihadiri oleh Kak Asmir Agoes (Dewan Pembina Bina Antarbudaya), Kak Gatot Nuradi Sam (Direktur Eksekutif Bina Antarbudaya), dan para volunteer Bina Antarbudaya.

Baca Juga:  “Tribute to Indonesia” Persembahan dari Siswa-Siswi Asing Program NSLI-Y 2022

Di Indonesia program AFS dan YES dikelola oleh Yayasan Bina Antarbudaya. Berdiri pada tanggal 2 Mei 1985, Yayasan Bina Antarbudaya sebagai organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang pendidikan terus meningkatkan peran melalui program-program yang dikelolanya. AFS merupakan program pertukaran pelajar pertama yang dikelola Bina Antarbudaya berafiliasi dengan AFS Intercultural Programs, sebuah organisasi nirlaba berbasis relawan yang tertua dan terbesar di dunia. Melalui program-programnya, Bina Antarbudaya memiliki cita-cita luhur untuk terus berperan menciptakan perdamaian dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan mengembangkan calon-calon pemimpin masa depan.(r)

Written by teraju.id

Kementerian Agama Republik Indonesia dalam Orientasi Nasional Siswa AFS & YES Tahun Program 2022/2023

705 Mahasiswa Baru, Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru PKKMB