in ,

Shopee, Tokopedia, Blibli; Buru Cuan di Bulan Ramadhan. Siapa Unggul?

Tokopedia dan Shopee Unggul Jauh

TNN— Hasil survei terbaru Ipsos mengungkapkan bahwa Tokopedia unggul dengan layanan pengiriman tercepat dan terlengkap di antara e-commerce lainnya di Indonesia. Plus, mayoritas konsumen juga menilai produk yang dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibanding lainnya. Survei ini dilakukan Januari 2022.

Meski demikian, Shopee unggul dari segi popularitas. Dilihat dari page sosmed resminya dan tracking di Google. Shopee mengungguli Tokopedia dan Lazada.

Menurut pantauan Similarweb, dari sisi traffic, per Maret 2022, Tokopedia di atas Shopee. Tokopedia dikunjungi 161 juta kali di atas pengunjung Shopee yang menunjukkan angka 131 juta. Tentu angka ini akan meningkat di bulan madu marketplace online: Ramadhan dan akhir tahun.

Pada 12 bulan terakhir, Tokopedia meraup penjualan tertinggi dari produk dapur, rumah tangga dan elektronik. Dengan raihan 100 jutaan lebih item terjual. Sedangkan Shopee, meraih angka penjualan tertinggi dari produk perlengkapan rumah, perawatan kecantikan dan souvenir pesta (sumber: dimia.id). Tampak target pasar Shopee tak goyah dari sejak kemunculannya yang menyasar segmen wanita.

Baca Juga:  6 Tahun yang Berwarna dan Bermakna

Tak pelak, kondisi ini menyiratkan bahwa peta marketplace Indonesia kini hanya tersisa: Tokopedia dan Shopee. Marketplace anak negeri pertama yang go public Bukalapak kian keteteran di belakang. Lazada dan Blibli hanya berusaha saling salip di tempat ketiga.

Kita tunggu kejutan dari marketplace negeri jiran Shopee dan Tokopedia pasca melantai di Bursa Efek, apakah mampu bertahan atau malah disalip Blibli yang bersiap juga go public. Go… go…go!

Written by Fatih Pramana

50 BUMN Buka 2700 Lowongan Kerja Hingga 25 April. Yuk, Segera Daftar!

Ramadan di Tanah Rantau