in

Strategi Pengembangan Coffeshop dengan Konsep Kaum Generasi Z di Pontianak

Oleh: Muhammad Yusuf Maulana

Coffeshop saat ini menjadi salah satu tempat nongkrong yang disenangi masyarakat Pontianak, karena coffeshop bisa menjadi tempat untuk bekerja atau sekedar menikmati kopi. Kota Pontianak telah menjamur coffeshop dengan berbagai konsep yang menarik. Salah satu dari Coffeshop di Pontianak dengan konsep unfinished design interior yang dikombinasi dengan warna khas lemina yaitu oren dan putih. Mengusung tema yang unik, Coffehsop ini membuat kreasi dan inovasi dengan mengeluarkan produk tidak hanya kopi saja, produk yang dibuat yaitu pizza, waffle ditambah dengan eskrim dan sereal.

Menurut Rangkuti (2014:3) berpendapat bahwa strategi adalah alat untuk mencapai tujuan dalam perkembangannya, dan konsep mengenai strategi agar terus berkembang. Definisi pemasaran menurut William J. Stanton yang dikutip oleh Basu Swastha (2008:5) : Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Pemasaran mencakup usaha perusahaan yang ditandai dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang perlu dipuaskan, menentukan harga produk yang sesuai, menentukan cara promosi dan penjualan produk tersebut. Jadi, pemasaran juga merupakan kegiatan saling berhubungan sebagai suatu system untuk menghasilkan laba.

Tempat ini menawarkan suasana yang teduh, homey dan chill yang membuat Coffehsop ini cocok untuk menemukan ketenangan ketika mengerjakan tugas dengan nyaman seperti dirumah sendiri. Tempat ini memikirkan kenyamanan disaat mengerjakan tugas dan nongkrong yaitu semua kursi bersandar yang membuat kita tidak ingin pulang kerumah dan tidak sakit pinggang.

Memiliki lokasi yang strategis dan eco-friendly, kafe ini meminimalisir pemakaian plastik yaitu mengganti botol plastik menjadi botol kaca sehingga dapat digunakan kembali dan menyiapkan tempat sampah terpisah untuk organik dan anorganik.

Coffehsop ini memiliki ide dan strategi bisnis yang baik dan inovatif, mulai dari modernisasi produk dan kemasan, memasarkan produk dengan digitalisasi pemasaran. Tempat ini akan mengadakan pameran pizza nantinya dan menu minuman terbaru. Segera membuat “Smoking AC Area” bagi para perokok yang ingin mengerjakan tugas, nongkrong disaat siang panas terik dan kedepannya akan dibuat lantai atas untuk menambah kapasitas konsumen.

Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Pontianak karena memberikan kenyamanan konsumen dengan ide-ide mereka yang kekinian dan membuat para konsumen ingin kembali datang dan nonkrong di tempat ini. Dengan banyaknya Coffehsop dapat memotivasi kaum muda untuk berbisnis dibidang ini sehingga dapat memajukan perekonomian di Pontianak.(*Mahasiswa Program Magister Manajemen Universitas Tanjungpura Pontianak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Written by teraju.id

Tingkatkan Brand Awareness dengan Viral Marketing

Sakit Hati