in

Sudirman Said Puji AFS International Indonesia

Foto: Penyampaian motivasi leadership dari Komut TransJakarta, Sudirman Said di hadapan peserta Chapter Capacity Development Workshop secara daring, Sabtu, 28/5/22.

teraju.id, Holiday Inn Kemayoran Jakarta – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yang kini Komut Trans Jakarta memuji nilai nilai kemanusiaan yang diusung AFS International Indonesia melalui materi kepemimpinan yang disampaikannya bertajuk “Leadership: A Practical Experience”, Sabtu, 28/5/22 pagi.

“Banyak orang yang bersekolah, tapi tidak banyak menyelesaikannya dengan baik. Tapi lebih banyak lagi yang tidak mempraktikkan ilmunya dengan baik. Sementara AFS saya kenal dengan sangat baik, berbasis relawan kemanusiaan dan mengarahkan generasi muda sebagai pemimpin masa depan,” ungkapnya seraya menggarisbawahi bahwa menjadi relawan berkaitan dengan nilai nilai kepemimpinan yang berakar kepada kemanusiaan.

Sudirman kemudian mengutip pidato Sang Proklamator Muhammad Hatta di hadapan para ilmuan, bahwa setiap ilmuan sesungguhnya bertanggungjawab untuk memimpin jalannya masyarakat, baik yang duduk di pemerintahan ataupun bukan. Dan jika tidak bertanggungjawab atas tegak atau runtuhnya masyarakat sama dengan berkhianat kepada bangsa dan negara.

Sudirman bersahabat dengan baik terhadap banyak returni AFS Internasional Indonesia di berbagai lembaga, bahkan anaknya juga mengikuti program pertukaran pelajar ke mancanegara di mana mereka berkesempatan belajar lintas budaya lokal, nasional dan internasional sehingga siap menjadi warga dunia yang aktif sekaligus kompetitif.

Baca Juga:  I’m In The Part of The Ghibli World; With A Little Bit of Survival Mode

Returni AFS Internasional Indonesia juga sudah banyak yang tampil sebagai pemimpin formal maupun informal di Indonesia. Termasuk di instansi tempatnya pernah mengabdi antara lain Pertamina, TransJakarta, hingga Gubernur DKI Jakarta.

AFS Internasional Indonesia akrab disapa Bina Antarbudaya. Kantor Pusat berada di Jakarta dengan 20 chapter secara nasional. Program utamanya adalah pertukaran pelajar ke mancanegara untuk mempelajari kebudayaan dalam rangka mempromosikan tatanan dunia yang aman, damai dan ramah sekaligus menyiapkan generasi muda itu sebagai calon pemimpin masa depan.

Sudirman Said yang kini Sekjen Palang Merah Indonesia dan pernah memimpin PT Pindad menutup motivasi leadershipnya dengan pentingnya integritas pribadi. Karena dengan integritas itu pula nilai nilai kemanusiaan berupa kebenaran, kejujuran, bahkan kompetensi berbuah rahmat bagi lingkungan masyarakat. (kan)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

2022 Tahun Re-Energizing Bina Antarbudaya

FKUB Inisiasi Pertemuan Tokoh Agama dan Mantan Napiter