in

Sulthan Annashira dan Program Baru Bayt Alquran: Bersama ke Surga

sulthanannasira


Teraju News Network – Belum genap 1 tahun umur Mesjid Sulthan Annashira di Jalan Sungai Raya Dalam II Ujung, KEP’s Agro, Desa Punggur Kecil, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya – 1 km dari Kompleks TOP Munzalan Residence sudah tujuh santri diwisuda sebagai tahfidz 30 juz Alquranul Karim. Kini, digodog program baru berjuluk BKS atau Bersama Ke Surga.

“Alhamdulillah, hikmah dari Pandemi Covid-19 di mana kita tidak banyak keluar, santri bisa fokus menghapal quran. Dengan kajian Quran Surah Al Anfal yang menyebutkan bahwa orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah serta orang-orang yang membantu fasilitas ibadah tersebut sama-sama dijamin masuk ke dalam syurga-Nya, maka kami mulai gulirkan BKS atau Bersama Ke Surga,” ungkap pimpinan Ponpes Sulthan Annashira, Ustadz Berry Elmaki bersama staf dalam muhibah Idul Fitri ke jajaran pembina dan donatur Sulthan Annashira.

Bersama Ke Surga akan berbentuk rumah tahfidz dengan jumlah pembentukan di seluruh Indonesia sebanyak jumlah ayat dalam Alquran, yakni 6.236. “Kita akan mulai dari Pontianak dan sekitarnya terlebih dahulu dengan memanfaatkan tenaga terampil Sulthan Annashira,” imbuh Ustadz Berry Elmaki.

Baca Juga:  Prodi MES Pascsarjana IAIN Pontianak Gelar Diskusi Virtual Nasional “Investasi Syariah”

Kata dai muda yang menggali ilmu tahfidz Quran keliling Indonesia ini, pengalaman mengelola Sulthan Annashira mengajarkan bahwa banyak donatur yang punya kepercayaan ekstra. “Kalau mereka sudah percaya, yaqin haqqul yaqin, maka bantuan tercurah begitu besar. Melalui BKS kami mendorong donatur mempunyai rumah tahfidz quran sendiri sesuai keinginan mereka masing-masing. Misalnya dengan memanfaatkan rumah kosong di kompleks-kompleks,” imbuhnya.

BKS ini akan menggunakan nama rumah tahfidz Bayt Alquran. “Nama ini usulan dari Tokya H Muhammad Nur Hasan. Beliau pula yang memberikan nama Sulthan Annashira yang dikutip dari Quran Surah Al Isra.”

Sepanjang Idul Fitri 2021 Berry Elmaki memimpin staf-stafnya keliling silaturahmi kepada para donatur dan penasehat Sulthan Annashira. “Kita sudah ke kediaman Tokya dan Bang Een. Kita juga akan ke Kyai Kabir Lukmanul Hakim di Munzalan Mubarakan, Mesjid Kapal Serdam,” imbuh Berry Elmaki yang mana sebelumnya bersilaturhami ke kediaman Ketua Badan Wakaf Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Prof Dr Kamarullah, SH, MH. Bersama Prof Kamarullah, unit Bayt Alquran akan digener di Pondok Indah Lestari–kawasan Jalan Ahmad Yani II.
Kepada para pembaca yang hendak memiliki rumah tahfidz Bayt Alquran, dapat menghubungi Sulthan Annashira di Ponpes Sulthan Annashira Jl Sungai Raya Dalam II Ujung, Kompleks Serdam Raya Residence – KEP’s Agro atau Minimarket Rah-mart, atau ke Kompleks TOP Munzalan Residence.

Baca Juga:  Setelah 25 Tahun Mengagumi, Akhirnya UAS bertemu Cak Nun di Jombang

Bertepatan dengan kumandang azan Isya, rombongan Sulthan Annashira sholat berjamaah di Mesjid Jamiatush Sholihin, kawasan Purnama Agung VII, Parit Tokaya, Kota Pontianak, Pontianak Selatan. Kawasan ini juga dibidik dengan berdirinya salah satu unit Bayt Alquran. (kan)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Ustadz Munali

Tani yang Menolong di Masa Pandemi

Dampak Pandemi Covid pada pembelajaran anak. Foto Doc Human Right Watch

Dampak Gawat Pandemi terhadap Pendidikan Sedunia