in ,

Tingkatkan Brand Awareness dengan Viral Marketing

Oleh: Larasati Tauhidia*

Memastikan produk terjual serta dapat dikenal oleh banyak orang agar menghasilkan keuntungan dari setiap produk dari sebuah merek merupakan tujuan utama dari seorang marketer. Pada era yang serba digital seperti saat ini, banyak strategi yang bisa dipilih agar produk dapat dikenal banyak orang. Salah satu strategi yang saat ini ramai digunakan adalah viral marketing guna meningkatkan brand awareness atau kesadaran terhadap sebuah merek.

Seana yang disampaikan oleh Kotler (2009:40), viral marketing merupakan suatu teknik pemasaran yang bertujuan untuk membuat orang secara suka rela mau menyampaikan pesan pemasaran ke sesamanya. Dalam viral marketing ini konsumen yang puas akan melakukan pemasaran dari produk atau jasa tersebut sehingga upaya dan biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh perusahaan akan menjadi minimal atau berkurang.

Sedangkan brand awareness adalah sanggupan seorang calon konsumen untuk dapat mengenali bagian dari suatu merek atau mengingat suatu merek dalam bagian dari sebuah kategori tertentu (Krisnawati, 2016). Tidak heran jika saat ini banyak bisnis yang menggunakan strategi viral marketing agar dapat populer dengan mudah dalam waktu yang singkat.

Strategi viral marketing tidak dapat dipandang sebelah mata, siapa yang tidak ingin campaignnya menjadi viral? Bisnis atau brand akan dibicarakan banyak orang dan perlahan akan dikenal dimana-mana. Pada artikel ini, akan kita bahas bagaimana meningkatkan brand awareness dengan strategi viral marketing. Yuk simak!

Penyebaran virus adalah kata yang tepat untuk menggambarkan konsep cara kerja dari viral marketing, yaitu memperbanyak dirinya sendiri. Seorang konsumen yang puas dengan suatu produk yang mereka beli atau jasa yang mereka dapatkan, secara otomatis akan menyebarluaskan informasi produk tersebut kepada kerabat mereka untuk juga mencoba dan membuktikannya sendiri.

Lantas, bagaimana langkah menjalankan viral marketing? Sederhana saja, strategi dimulai dengan membuat konten yang menarik agar sampai ke target audience kemudian mempromosikannya dengan cara membagikan konten tersebut di internet. Strategi ini dapat dikatakan berhasil ketika audiens mulai berinteraksi dengan konten tersebut dan membagikannya ke khalayak yang lebih luas.


Namun perlu diingat, membuat konten menjadi viral tidaklah mudah bagi sebagian orang. Beberapa cara yang dapat membantu agar sebuah konten menjadi viral, diantara lain ialah memanfaatkan social media analytics, menentukan target audience agar pemasaran efektif dan efisien, pemilihan sosial media yang tepat, memberi sentuhan call to action, dan strategi trend jacking dimana merupakan salah satu strategi marketing yang memanfaatkan isu atau situasi yang sedang naik untuk bahan promosi.

Jika penerapan strategi ini berhasil, tentu banyak sekali keuntungan yang didapatkan pada sebuah bisnis atau brand. Keuntungan yang utama adalah penghematan biaya, kemudian peningkatan traffic atau pengunjung pada bisnis, dan juga konten yang viral dapat disorot kembali oleh media lainnya dengan cuma-cuma.(* Mahasiswa Program Magister Manajemen Universitas Tanjungpura Pontianak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Written by teraju.id

Tim Futsal Al-Karima Juara 3 Bawamai Cup 3

Strategi Pengembangan Coffeshop dengan Konsep Kaum Generasi Z di Pontianak