in

“Tribute to Indonesia” Persembahan dari Siswa-Siswi Asing Program NSLI-Y 2022

Farewell Party dari Tiga Belas Siswa-Siswi Asing Peserta Program NSLI-Y yang Telah Menjalani Kehidupan sebagai Siswa Pertukaran Pelajar di Indonesia

Teaju News Network, Yogyakarta – 12 Agustus 2022, Yayasan Bina Antarbudaya menyelenggarakan malam perpisahan untuk siswa-siswi asing dari Amerika Serikat yang terpilih melakukan pertukaran budaya melalui program NSLIY Tahun Program 2022 di Indonesia. Tiga belas siswa ini telah menjalani kehidupan selama enam minggu di Yogyakarta dan tinggal bersama keluarga angkat. Pada malam ini, para siswa akan melakukan pertunjukan budaya sebagai “Farewell Party” yang dilaksanakan pada Jumat, 12 Agustus 2022 di Hotel Prime Plaza, Yogyakarta.

Acara Tribute to Indonesia (malam perpisahan) siswa-siswi asing program NSLI-Y merupakan ajang penampilan bakat yang hanya bisa disaksikan saat mereka menyelesaikan program selama enam minggu di Indonesia. Pada kesempatan ini para siswa asing menampilkan unjuk kebisaan dengan mempersembahkan sebuah drama musikal yang dikemas dengan seni peran yang dibawakan bersama musik, vokal, tarian, dan tentunya pertunjukan musik angklung yang telah mereka pelajari selama menimba budaya di Indonesia.

Selain memberikan penampilan terbaik dari siswa-siswi asing, para tamu juga disuguhkan dengan kumpulan video perpisahan, rekapan kegiatan para siswa selama menjalani kehidupan di Kota Yogyakarta. Acara ini turut dihadiri oleh Ibu Dwi Wardani Naraswari (Kepala Seksi Perencanaan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY), Kak Sinta Kaniawati (Ketua Dewan Pengurus Bina Antarbudaya), Kak Gatot Nuradi Sam (Direktur Eksekutif Bina Antarbudaya), dan Bapak Agus Soehardjono S.S., M.M. (Direktur Wisma Bahasa Yogyakarta).

Baca Juga:  The Beginning of Living In A Balkan Country

Pada akhir acara, para keluarga angkat dari siswa-siswi asing yang hadir dalam malam perpisahan turut memberikan pesan dan kesan selama menjadi keluarga angkat para siswa-siswi asing. Tak luput, para orang tua angkat mengucapkan rasa terima kasih telah mendapat kesempatan belajar dan memahami akan arti positif dari perbedaan budaya selama menjadi orang tua angkat serta mengucapkan salam perpisahan sebagai penutup.

NSLI-Y Summer adalah program beasiswa dari The U.S Department of State yang ditujukan bagi pelajar Amerika Serikat tingkat Sekolah Menengah (15-18 tahun) untuk mempelajari 8 bahasa asing di dunia selama libur musim panas. Di Indonesia program NSLI-Y dikelola oleh Yayasan Bina Antarbudaya. Berdiri pada tanggal 2 Mei 1985, Yayasan Bina Antarbudaya sebagai organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang pendidikan terus meningkatkan peran melalui program-program yang dikelolanya. AFS merupakan program pertukaran pelajar pertama yang dikelola Bina Antarbudaya berafiliasi dengan AFS Intercultural Programs, sebuah organisasi nirlaba berbasis relawan yang tertua dan terbesar di dunia. Melalui program-programnya, Bina Antarbudaya memiliki cita-cita luhur untuk terus berperan menciptakan perdamaian dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan mengembangkan calon-calon pemimpin masa depan.(r)

Baca Juga:  Kl-Yes Journey: Welcome to The Club!

Written by teraju.id

Seminar Laporan Aktualisasi CPNS Tahun 2022

Kejeniusan Dhani dan Kedewasaan Penonton Indonesia