in

Buku untuk Tinggalkan Rekam Jejak Kehidupan

rak buku

Oleh: Juliana Puji Lestari

Banyak inspirasi yang didapat dari penyampaian para pembicara di acara launching buku esai lomba menulis yang diselenggarakan oleh ‘ADLIBI’, ‘ILBI’ dan Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak, Jumat (29/10/2021). Salah satu di antaranya adalah tentang pentingnya menulis dan menerbitkan buku.

Pak Dedy Ari Asfar dari ILBI mengingatkan banyak manfaat dan keuntungan dari menulis. Menulis mendapatkan pahala yang besar. Selain itu sebelum menulis pasti kita harus membaca terlebih dahulu. Seperti yang tercantum dalam Q.S. Al-Alaq, di ayat pertama Allah menyuruh manusia untuk membaca barulah menulis. Jadi, membaca dan menulis adalah perbuatan yang menghasilkan banyak pahala.

Menulis buku adalah hal yang bisa meninggalkan rekam jejak ketika kita sudah tidak ada lagi di dunia. Kita akan meninggalkan ilmu yang Insya Allah akan berguna di masa lampau, kini dan sekarang. Pak Dedy mencontohkan ulama-ulama besar, di antaranya Imam Malik. Imam Malik menulis kitab Al-Muwatha’ yang sampai hari ini menjadi bacaan dan pegangan umat Islam. Karya-karya itu dikenal sampai hari ini.

Oleh karena itulah, berusaha dan berjuanglah agar bisa menulis dan membuat buku sehingga kita bisa membuat buku yang nantinya bermanfaat bagi semua orang. (Mahasiswa Psikologi Islam (1A) IAIN Pontianak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Written by teraju.id

praktek lapang hitung karbon.3.

Pelatihan Tuntas

perberdayaan ekonomi di paloh

Pemberdayaan Ekonomi dan Konservasi di Desa Sebubus Paloh