in

Ikan Semah, Primadona Setelah Arwana

gambar.1

Berapa sekilo harga ikan semah? Di tingkat pengumpul kota Putussibau harganya 1 juta rupiah, tapi kalau sudah sampai di Malaysia, 3 juta rupiah per kg.

“Jangan heran ikan semah dengan porsi sedang untuk 2 orang di sebuah restoran terkenal harganya 1 juta rupiah.” Demikian disampaikan Richard ketika kami menemuinya saat sibuk memberi pakan untuk ikan semahnya.

“Semah itu, makanan orang kaya!” Tambah Richard alumni Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Pontianak.

“Saya beserta teman-teman Alumni SUPM di Kapuas Hulu berjumlah 103 orang sepakat dan mendukung penuh kampung budidaya ikan semah.”

Richard, salah satu tokoh masyarakat Kapuas Hulu sekaligus juga inovator yang telah sukses membudidayakan ikan semah mengatakan bahwa kelompok budidaya ikan semah— yang ia kelola bersama anggota alumni SUPM Pontianak— siap menjadi ujung tombak guna membantu pemerintah melakukan pendampingan kepada kelompok-kelompok pembudidaya di Kapuas Hulu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalbar, Herti Herawati mengatakan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia mempunyai program pengembangan ikan endemik berbasis lokal. Sebab itu ia mengusulkan pengembangan kampung Semah di Kabupaten Kapuas Hulu.

Baca Juga:  Khutbah Jumat, Mimbar Ibadah atau Mimbar Orasi?

Buktinya, Kepala Balai Perikanan Air tawar Mandiangin Kalimantan Selatan diutus oleh Dirjen Perikanan Budidaya, berkunjung Kabupaten Kapuas Hulu tanggal 16 Maret 2021, dalam rangka survey atas usulan Dinas Perikanan dan kelompok pembudidaya ikan semah di beberapa kawasan potensial agar dapat diwujudkan menjadi kampung budidaya ikan semah.

Roni Januardi, Kadis Perikanan Kapuas Hulu siap memberikan dukungan dalam bentuk pendampingan dan mempersiapkan syarat syarat administratif yang diperlukan.

gambar.2
Budidaya ikan semah

Setakat itu, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Dian mengatakan banyak lokasi atau kawasan yang dapat dikembangkan sebagai kampung semah atau kampung lain yang berbasis kearifan lokal seperti kampung madu dan lainnya.

Bupati juga menyakini program tersebut akan membawa manfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakat serta pendapatan daerah.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Kapuas Hulu berada di Propinsi Kalimantan Barat Indonesia, telah ditetapkan sebagai Kabupaten Konservasi pada tahun 2003.

Kawasan konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. Kawasan Konservasi atau kawasan yang dilindungi ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan berbagai macam kriteria sesuai dengan kepentingannya. Salah satu bentuknya adalah penghasil air bersih.

Baca Juga:  BangKambing? Bismillah—Kita Mulai Melangkah

Air bersih tersebut membentang di sepanjang danau, sungai dan anak-anak sungai yang merupakan habitat alami bagi kehidupan flora dan fauna, kaya sumber hayati.

Selain ikan Arwana, kini ikan semah sudah mendunia, hanya orang berkocek tebal yang mampu menyantap di Malaysia. Di Kapuas Hulu sendiri, apabila mampu mampu memancing dengan tekun, 5 kg sampai 30 kg bisa didapatkan sekali mata pancing mengailnya. Hitung sendiri berapa yang bisa dihasilkan dengan memancing ikan semah.

Semah membuat senyum bahagia.
Semah sudah mendunia.

Written by M Azdi Thahir

IMG 20210427 WA0007

Sinergi RHL 2019-2021

IMG 20210427 WA0007

The Synergy of Forest and Land Rehabilitation 2019-2021