in

Manfaatkan Tren Masa Kini Untuk Pemasaran Jasa Melalui Real Time Marketing

Oleh: Larasati Tauhidia*

Memasuki tahun 2023, prediksi tren strategi pemasaran sudah mulai bermunculan. Salah satu prediksi tren pemasaran yang dipresentasikan oleh Anna Tarabasz pada The 4th American University in the Emirates International Research Conference 22-24 May 2022 Dubai adalah strategi real time marketing. Jenis strategi pemasaran satu ini bukanlah hal baru, namun dengan berkembangnya internet dan penggunaan media sosial saat ini menjadikan strategi real time marketing lebih efektif digunakan jika dibarengi dengan kapabilitas pemasar dalam memahami peluang yang ada untuk melakukan pemasaran jasa secara efektif pada strategi ini. Lantas, apakah strategi ini cocok untuk diterapkan pada pemasaran jasa?

Sejatinya terdapat banyak strategi pemasaran yang sering digunakan oleh perusahaan, namun tidak semua strategi dengan mudah diterapkan oleh perusahaan yang bergerak pada bidang jasa. Pasalnya, strategi pemasaran jasa memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan pemasaran produk dikarenakan hal yang ditawarkan bersifat intangible atau tidak berwujud sama sekali. Ketiadaan produk fisik yang ditampilkan, akan berpengaruh bagi seorang marketer dalam memasarkan jasa agar berhasil meyakinkan target audiens. Maka dari itu, dalam artikel ini akan membahas strategi real time marketing yang kiranya dapat digunakan dalam sektor pemasaran jasa.

Dilansir dari NGData, real time marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada peristiwa terkini. Pada strategi ini marketer memanfaatkan tren yang sedang berkembang dan menjadi buah bibir di masa itu, kemudian pemasar mengolah tren tersebut dan menghubungkan konsumen dengan produk serta layanan yang dapat mereka gunakan. Walau strategi ini bukan merupakan hal yang baru, kenyataannya real time marketing kini semakin populer dengan munculnya media sosial karena perbedaan utamanya adalah saat ini dengan maraknya media sosial, tidak ada lagi tembok dan jarak antara sebuah brand dan konsumennya. Jadi, ketika ada suatu tren yang sedang diperbincangkan, maka pemasar harus bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memasarkan produknya. Lewat media sosial tentu saja pemasar akan lebih mudah untuk mendapatkan feedback atau umpan balik dari audiens saat sedang menjalankan strategi real time marketing.

Baca Juga:  Kualitas pelayanan yang baik akan menciptakan Kepuasan serta Loyalitas Pelanggan

Namun perlu diketahui bahwasanya real time marketing tidak selamanya akan berjalan mulus, dalam artian strategi ini tentu memiliki resikonya tersendiri. Pemasar dituntut untuk memanfaatkan tren atau momen yang saat itu sedang terjadi dan kemudian berharap agar pemanfaatan momen tersebut berhasil dan tepat sasaran. Jika tidak, upaya real time marketing yang mereka jalankan akan dengan mudah menjadi sebuah kesalahan yang memalukan pemasar karena pesan tersebut meleset dari sasaran dan membuat orang bingung dan mungkin akan kesal. Sebaliknya jika strategi ini berhasil, hal ini akan terbayarkan dengan dampak yang positif bagi pemasar dimana konten tersebut akan terus disebarkan oleh netizen dengan cara di-share, me-retweet, re-upload, serta menyukai pesan dari real time marketing yang dicanangkan oleh pemasar. Hal ini akan memberikan engagement yang tinggi dan berdampak baik pada pemasar dan brand mereka.

Berikut beberapa manfaat real time marketing untuk meningkatkan perkembangan bisnis jasa:

  1. Memanfaatkan Momen untuk Menimbulkan Rasa Urgensi pada Audiens

Dalam hal ini, pemasar dapat memanfaatkan psikologi audiens dengan cara menyuntikkan atau menyisipkan “urgensi” dalam konten dan promosi penjualan dengan kupon dalam jumlah terbatas atau kode promo dengan tenggat waktu dengan tujuan agar seseorang dapat bertindak cepat atau impulsive dalam membuat keputusan memilih jasa anda. Ada banyak cara yang dapat pemasar jasa lakukan untuk menjalankan real time marketing dalam menyisipkan rasa-rasa urgensi pada benak calon konsumen. Misalnya, marketer pada bidang food service delivery dapat memanfaatkan momentum hari-hari besar contohnya seperti momen perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan cara memberikan diskon harga makanan atau minuman serta potongan harga pengiriman barang yang besar pada hari dan jam tertentu. Secara psikologi, target audiens akan bertindak cepat karena takut ketinggalan promo yang diberikan oleh food service delivery tersebut. Real time marketing dapat menguntungkan bisnis dengan mendorong orang untuk bertindak cepat.

Baca Juga:  Tetap Tenang, Ini Cara Menangani Komplain Pelanggan dalam Pemasaran Jasa

2. Meningkatkan Koneksi dengan Target Audiens

Real time marketing yang berjalan dengan baik memungkinkan pemasar dalam meningkatkan target audiens dengan memanfaatkan tren yang sedang diperbincangkan, kemudian pemasar dapat membuat konten yang memancing target audiens untuk berinteraksi pada lini sosial media mereka. Selain dapat memasarkan produk dengan memanfaatkan tren, jenis pemasaran ini juga dapat meningkatkan koneksi antara brand dengan target audiens.

3. Meningkatkan Wawasan Audiens tentang Brand

Selain menarik pelanggan, mengenalkan brand kepada audiens baru juga merupakan tujuan dari kegiatan pemasaran, terlebih jika industri tersebut terbilang baru meluncurkan produk jasa terbarunya. Ketika sebuah brand melakukan strategi real time marketing, secara tidak langsung nantinya konten-konten yang berhasil disebarluaskan akan terpapar ke berbagai audiens baik audiens baru maupul lama melalui fitur share, retweet, repost, dan hal serupa.

4. Meningkatkan Engagement Audiens

Pembuatan konten yang relevan dengan tren yang sedang diperbincangkan tentunya dapat menarik perhatian lebih banyak audiens. Perhatian audiens akan menghasilkan engagement yang tinggi pada konten yang dimaksud. Hal ini akan menguntungkan sebuah brand, setidaknya pada tahap awareness terhadap sebuah merek jasa.

Baca Juga:  Menjelajah Pemasaran Jasa Internasional dengan Perahu FoMO

5. Menyajikan Konten dengan Cepat dan Mudah

Real time marketing merupakan strategi pemasaran yang menghemat waktu. Bagi marketer, tentu memiliki berbagai target yang harus dipenuhi termasuk pembuatan sebuah konten. Dalam membuat sebuah konten, terkadang dibutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam mempersiapkan hingga menghasilkan sebuah konten. Selain itu bagi layanan jasa baru dengan ukuran yang masih kecil, tentu banyak hal yang harus dilakukan seperti persiapan layanan, pembukuan, penjualan, hingga membuat konten promosi.

Dengan mengaplikasikan strategi real time marketing di momen-momen tertentu, marketer atau pengusaha layanan jasa dapat menjalankan strategi promosi jenis ini guna menghemat waktu dengan menghadirkan konten yang mudah dan efektif namun dapat dihasilkan dalam waktu yang cepat dengan pemanfaatan momen-momen tertentu. (*Mahasiswa Program Magister Manajemen Universitas Tanjungpura Pontianak)

Written by teraju.id

My First Fall and Snow in America!

Pentingnya Kualitas Layanan Dalam Industri Jasa dan Pelayanan