in

Menulis dan Berpikir Rasional

“Menulis dan Berpikir rasional”. Hal itu disampaikan Agus Pramusinto, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) saat memberikan sambutan dalam kegiatan Webinar Gerakan Nasional Aparatur Sipil Negara Menulis Selasa 17 Januari 2023. Kegiatan ini diikuti 1000 Aparatur Sipil Negara dari berbagai daerah.

Dalam sambutannya Agus Pramusinto menyampaikan bahwa dengan menulis Aparatur Sipil Negara terus belajar berpikir rasional, dan hal ini sangat menunjang bidang kerja Aparatur Sipil Negara dalam menjalankan tugasnya.

Dalam kegiatan tersebut Founder Satu Birokrat Satu Buku Adrinal Tanjung dan Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah I memaparkan tips dan trik, dan pengalaman dalam dunia penulisan.

Mengawali untuk menulis bukan hal mudah, akan tetapi menjaga semangat untuk bisa terus menulis (konsisten) itu bukan juga hal yang mudah. Berbagai kegiatan-kegiatan terkait kepenulisan dilingkungan birokrasi rasanya memang harus ditumbuh kembangkan. Dengan adanya kegiatan-kegiatan kepenulisan, akan menumbuhkan komunitas-komunitas kepenulisan baru dan dengan adanya kegiatan-kegiatan rutin kepenulisan akan menjadi fasilitas carger semangat menulis yang baru mulai tumbuh ataupun sudah lama tumbuh.

Rutinitas birokrat (ASN) dalam menjalankan tugasnya kemudian dijadikan alasan kehabisan (tidak punya waktu) untuk menulis. Walaupun sebenarnya hal ini hanya menjadi pelapis saja. Karena sebenarnya waktu itu kita yang punya, kita yang mengaturnya. Tapi kembali lagi, hal ini mudah diucapkan tapi sulit dipraktekkan.

Kemudian, saat birokrat sudah merasa pada zona nyaman akan merasa tidak memerlukan aktifitas-aktifitas kreatif diluar rutinitas kerja. Karena menulis adalah kegiatan kreatif. Kreatif berpikir, kreatif mengolah kata, kretif mengolah waktu dengan kesibukan yang ada, dan hal ini dibutuhkan effort yang tinggi. Bismillah, Januari 2023 belum berakhir. InsyaAllah bisa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Written by Ambaryani

Ambaryani, Pegawai Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya. Lulusan Program Studi Komunikasi STAIN Pontianak. Buku berjudul; 1. Pesona Kubu Raya 2. Kubu 360 adalah buku yang ditulisnya selama menjadi ASN Kabupaten Kubu Raya

Berkorban?

Akademi Riset IAIN Pontianak