in

Piantus, Desa Wisata Alam dan Budaya

Piantus Desa Wisata Alam dan Budaya.1

Oleh: Ismail Ruslan dan Nunik Hasriyanti

Piantus merupakan salah satu desa di Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas. Desa ini terletak 2 km dari ibu kota Kecamatan.

Piantus memiliki dua dusun yakni Dusun Kenanai dan Dusun Parit Cagat. Dalam catatan BPS Kabupaten Sambas desa Piantus termasuk desa terpadat ketiga di Kecamatan Sejangkung dengan jumlah penduduk pada tahun 2017 sejumlah 1.825 jiwa.

Salah satu daya tarik desa Piantus adalah dikenal sebagai sentra anyaman rotan. Hasil anyaman masyarakat didisplay di gedung sentra UKM Rotan dan bambu. Penduduk di desa ini mewarisi darah nenek moyang mereka keahlian membuat anyaman dari rotan dan bambu.

Adapun bahan baku rotan sebagian didatangkan dari luar Piantus, seperti Paloh dan Kalimantan Tengah. Desa ini memiliki potensi hutan bambu yang merupakan sumber bahan baku utama dalam produksi kerajinan.

Piantus Desa Wisata Alam dan Budaya.2

Di gedung sentra rotan ini sebagai pusat para pengrajin memproduksi berbagai produk anyaman, mulai dari kursi, meja, tempat lampu dan lainnya. Di gedung ini juga sudah tersedia peralatan seperti alat pitrit, peraut, nail gun, kompresor, heat gun dan lainnya.

Baca Juga:  Geliat Ekonomi di Jagoi Babang

Keunggulan Desa Piantus lainnya memiliki wisata alam, wisata sejarah. Wisata alamnya Bukit Piantus merupakan objek wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat, anak sekolah, remaja bahkan orang dewasa. Jika di pagi hari, lokasi ini sangat baik digunakan untuk berolah raga. Udaranya sejuk. Di desa ini juga terdapat wisata sejarah dengan mengunjungi makam leluhur di atas bukit Piantus.

Masyarakat Desa Piantus juga memiliki kekayaan budaya yang disebut “budaya Ngamping” (Bungas Tahunan). Ngamping merupakan istilah dari Amping terbuat dari padi yang ditumbuk di dalam wadah kayu “lesung”, dan penumbuk yang terbuat dari kayu disebut “alok”. Cita rasa amping ini diminati banyak orang karena gurih, dan nikmat. Budaya ini dilaksanakan pasca panen, merupakan proses upacara syukuran atas rezeki yang mereka peroleh setiap tahunnya.

Pada tahun 2019 lalu, Dinas Pariwisata, bersama perangkat desa serta masyarakat mengadakan Festival Ngamping bertempat di Bukit Piantus.

Piantus Desa Wisata Alam dan Budaya.3

Pekerjaan Rumah (PR) bagi Pemerintah Kabupaten Sambas (Kecamatan Sejangkung dan Desa Piantus) adalah mendesain kawasan ini menjadi satu paket wisata, terhubung antara wisata alam, sejarah dan budaya. Ketiganya merupakan kekuatan untuk membangun ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa Piantus.

Baca Juga:  23 Pelajar SMAN 4 Ikuti Diklat Jurnalistik Media Online

(Ismail Ruslan, Dosen IAIN Pontianak; dan Nunik Hasriyanti, Dosen Polnep Pontianak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Written by teraju.id

PDIP Demokrat PKS

PDIP, Demokrat, PKS Raih Puncak Popularitas; Ke mana Gerindra?

Arima Zulfah

Launching Buku Sederhana Tapi Bermakna