in

Membidik Ketepatan Wakaf Produktif

bang yaser memanah
Foto Wisata Kampoeng Wakaf Segmen TOP Munzalan Residence-Kubu Raya-8 km dari Kota Pontianak. Laboratorium pengembangan wakaf produktif dan Literasi Wakaf

Oleh: Nur Iskandar

Sejak 2004 dengan payung hukum UU Wakaf No 41 yang ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia, perwakafan berkembang tidak sekedar 3M (Mesjid, Madrasah dan Makam) tetapi bertumbuh sampai ke wakaf uang dengan nilai nominal nyaris setara APBN. Yakni nyaris menyentuh angka 2.000 T! Next, saya yakin haqqul yakin jauh melampaui batas puncaknya APBN! Wajar sebab Indonesia punya aset wakaf terbesar di seluruh dunia. Dimana tanah wakafnya yang sudah ada jika digabungkan sama dengan 5x Negara Singapura. Belum lagi wakaf yang terus bertambah seiring dengan tersosialisasikannya peradaban wakaf yang produktif. Menyambung kisah dari generasi ke generasi. Dimana nyawa boleh terbang tapi wakaf terus berkembang. Nyawa boleh putus, tapi pahala mengalir terus.

kids memanah
Anak-anak belajar memanah

Syaratnya adalah pegiat literasi wakaf terus menggempur pertahanan rakyat yang belum tahu wakaf bersifat universal. Egaliter. Ia sangat ditentukan oleh niat para wakif dan manajerial para nazir.

Tata kelola perwakafan berada di pundak Badan Wakaf Indonesia. Ia bertanggungjawab penuh. Langsung kepada Presiden dan Allah SWT. Regulasi BWI bisa diklik di Mbah Google. Please.

Baca Juga:  MAHASISWA MAGISTER HUKUM 2020 PEDULI PENCEGAHAN COVID 19 KEGIATAN HUT PONTIANAK 249 DIRUMAH ADAT MELAYU

Kaya info di sana. Semisal dana wakaf vs Pandemi Covid-19. Wakaf Goes to Campus. Serial webinar virtual. Bahkan pelatihan maupun tutorialnya. Banyak sekali bahan presentasi yang dibagikan percuma.

masjid nurul hasan 2
Masjid Nurul Hasan

BWI Provinsi Kalbar juga bergiat dengan Wakaf Literasi Literasi Wakaf. Aktif sosialisasi. Memenuhi aneka undangan dan berkontribusi kasih solusi.
BWI terus membidik wakaf produktif di segala bidang. Anda ingin ikut keliling Indonesia bahkan dunia? BWI Provinsi Kalbar juga punya konsorsium pegiat wakaf produktif bernama Tawaf Indonesia. Singkatan dari Tentara Wakaf Produktif Indonesia. Sekretariat di Sirajul Islam Jl Merdeka Pontianak. Sejumlah Mega Projects digagas di sini. Termasuk Rumah Potong Hewan dan kebangkitan MABM serta Wisata Kampoeng Wakaf sepanjang Kapuas. Dari muara hingga ke hulu. Uncak Kapuas. (Penulis adalah pegiat Literasi Wakaf-Wakaf Literasi. Anggota BWI Kalbar Bidang Wakaf Produktif. CP-WA 08125710225).

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

workshop bwi

3 Jam Bersama Dirjen Ziswaf: Figur Jago Pantun dan Maestro Memancing Ikan

wakaf masjid sultan annasira

Sulthan Annashira Wakaf Produktif dengan Tahfidz Quran