in

15 Juta Data Pengguna Tokopedia Dijual Di Dark Web

WhatsApp Image 2020 05 06 at 00.33.44
Ilustrasi Tokopedia

15 Juta Data Pengguna Tokopedia Dijual Di Dark Web

Ilustrasi Tokopedia

teraju.id, Sumedang – Nasib buruk menimpa Tokopedia, kabarnya data milik 15 juta pengguna Tokopedia diduga bocor di dunia maya. Bahkan kabar terbaru menyebut data 91 juta pengguna dan lebih dari tujuh juta merchant Tokopedia dijual di situs gelap atau dark web.

Data tersebut dijual dengan harga USD5.000 (sekitar Rp74 juta). Kejadian ini tentu akan merugikan pengguna yang terdampak. E-mail korban berpotensi disalahgunakan untuk tindak kejahatan, misalnya penipuan atau pemerasan.

Pihak Tokopedia mengakui adanya upaya pencurian terhadap data pengguna di platform e-commerce miliknya. Setelah berita tersebut dikonfirmasi Tokopedia dan tersebar luas di seluruh Indonesia, Tokopedia menjadi ramai dibicarakan warganet, dan menjadi trending topic di Twitter pada Minggu (03/05) siang.

Sejumlah warganet di Twitter mulai mempertanyakan keamanan data di Tokopedia. “@TokopediaCare terkait bocornya data pengguna, apakah aman dana yang ada di Tokopedia seperti OVO, reksadana dll” cuit @dediseptiadi29.
Ada pula cuitan dari @satrya_aldyan21, “Ditunggu pertanggung jawabannya @tokopedia”.

Meskipun demikian, Tokopedia mengklaim informasi password milik pengguna tetap aman dan terlindungi dengan sekuriti berlapis, termasuk lewat mekanisme kode OTP (one-time password) yang hanya bisa diakses pemilik akun secara real time.

Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya pada Minggu siang, Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran. Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit terjaga keamanannya. (awm)

Written by teraju.id

8 Aturan Tak Lazim Yang Harus Dipatuhi Saat Berlibur Ke Korea Utara

8 Aturan Tak Lazim Yang Harus Dipatuhi Saat Berlibur Ke Korea Utara!

WhatsApp Image 2020 05 06 at 00.33.45 1

‘Dadu Keliling Dunia’, Hiburan Berwawasan Google Earth