in ,

Akibat Tidak Sahur

IMG 20170603 204852 307

Oleh: Siti Mauljannah

Telah terdengar suara Azan Subuh berkumandang. Aku bangun dari tidurku dan melihat jam sudah menunjukan pukul 4.20. Aku langsung membangunkan temanku yang berada di sampingku.
Malam ini Aku menginap di rumah temanku, Briliant, karena dia berada sendirian di rumahnya dan meminta untuk menemaninya.
“Briliant udah Adzan Subuh, kita dak sahur,” ujarku.
Briliant menjawab, ” Masa’? betullah? Hadoh dak sahur ni!”
Seketika itu pun kami bergegas untuk salat Subuh dan mengaji bersama. Paginya Kami berangkat menuju kampus untuk berkuliah.
Cuaca di Pontianak hari ini sangat panas sehingga mengakibatkan puasa ini sangat terasa berat. Saya merasakan haus yang berkepanjangan, seakan-akan hari ini musim kemarau. Mungkin karena tidak sahur.
Aku merasa waktu pagi,siang, berjalan sangat lama. Jarum jam yang berada di dinding kamar, Aku pandangi terus menerus sehingga Aku terlelap dalam tidur siangku. Pada pukul 4.40, Aku baru sadar dalam tidurku dibangunkan oleh kakak kos yang menyuruhku untuk salat Ashar. Seketika Aku langsung berwudhu dan salat. Setelah itu Aku melihat jam dinding menunjukan pukul 17.00. Inilah waktu yang Aku nanti-nantikan dari tadi yaitu waktu berbuka puasa. Kemudian Aku membeli bukaan di luar dan langsung pulang menuju Kos. Tinggal beberapa menit lagi waktu adzan Magrib berkumandang, Aku pun bergegas menuju Dapur untuk mengambil piring dan gelas.
Pada akhirnya adzan pun berkumandang. Dengan hati yang gembira Aku langsung berbuka puasa dengan nikmatnya.
Pelajaran saya hari ini adalah ketika hendak tidur hidupkanlah alarm handponmu, agar kamu bangun tepat waktu. Dan janganlah tidur di larut malam agar kamu mudah bagun di malam hari pada waktu sahur. Ingat, penyesalan itu datang pada akhirnya.

Written by teraju

17601 1

Makan Mewah Hanya Angan

Warga Baduy luar bertahan sementara di bawah terpal dari plastic sambil membangun pemukimannya kembali dengan kayu dan bambu secara kolektif. Photo by Mering

Cegah Kebakaran, Warga Baduy Luar Butuh Mitigasi Bencana