in ,

Arfin Chandra dengan Kemeja Merahnya

IMG 20170327 162306 086

Oleh Tri Purnawati (*)

Teraju.id baru saja menggelar pelatihan Jurnalistik untuk calon-calon Jurnalis, tepatnya kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik Fisip Untan dan mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Pontianak.

Pukul 08:30 sekumpulan mahasiswa dari berbagai jurusan itu terlihat menuju tempat registrasi di sekretariat Kampoeng English Poernama, di Jalan Purnama Pontianak. Terlihat beberapa mahasiswa saling berinteraksi perihal pelatihan yang akan dilaksanakan pagi tadi.

Dari segerombolan mahasiswa-mahasiswi tersebut ada satu orang mahasiswa yang menarik perhatian. Ia mengenakan kemeja merah rapi beserta dasi dan identitas nama yang terkait oleh peniti di bilah kiri kemejanya.

Arfin Chandra sosoknya, beliau adalah salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Untan dengan konsentrasi Jurnalistik. Mengenakan kemeja merah dan celana kain berwarna abu-abu gelap. Beliau terlihat berbeda dengan mahasiswa lainnya perihal berpakaian. Ternyata saat ditanyai perihal penampilannya yang begitu rapi, Arfin Chandra ternyata adalah sosok pekerja.

Arfin saat ini bekerja di salah satu toko baju terkenal di Kota Pontianak. Saat diwawancarai di ruangan pelatihan, Arifin mengatakan ia sebelumnya tidak mengetahui ada pelatihan jurnalistik di Kampoeng English Poernama. Tetapi saat mendapatkan info pelatihan, ia sangat antusias dengan materi yang akan disampaikan, ia datang pagi hari sebelum bangku Kampoeng Poernama English dipadati segerombolan mahasiswa.

Mahasiswa asal Kubu Raya ini ternyata merantau ke kota Pontianak dengan bertujuan untuk menempuh pendidikan. Pendidikan baginya adalah nomor satu. Lalu perihal kerjaan adalah kegiatan sambilan untuk biaya kehidupan sehari-hari. Dia nengaku harus pandai membagi waktu antara kuliah dan kerja.

Saat diwawancari, Arfin mengatakan ia lebih memilih pelatihan Jurnalistik hingga sore hari walaupun harus mengganggu waku kerjanya. Baginya jika hanya dipotong gaji 1 hari tak masalah bagi sosok mahasiswa perantau ini.
“Pendidikan adalah hal penting saat saya menginjakkan kakinya di Kota Pontianak ini,” ujarnya. (*Mahasiswa Jurnalistik Fisip Untan Pontianak)

Written by teraju

IMG 20170326 190448 279

Acim Sang Pemimpi

IMG 20170327 163732 069

Jalan Lingkungan Untan Diperbaiki