in ,

Bedah Buku bersama Bernard Batubara

IMG 20161027 093846 316

Teraju.id, Rumah Radakng (27/10/2016) –
Badan Perpustakaan Kearsipan dan Dokumentasi Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Kalbar Book Fair yang bertempat di Rumah Radakng Kota Baru, Pontianak. Pameran ini menampilkan ribuan buku yang berasal dari penerbit nasional dan penerbit lokal mulai buku dari buku fiksi maupun non fiksi.

Pameran ini dibuka mulai dari jam 9 pagi dan hingga 9 malam. Tadi malam ada Bedah Buku dari penulis terkenal Bernard Batubara dengan judul buku Metafora Padma. Hari ini juga ada Bedah Buku lagi dari Pay Jarot Sujarwo.

“Aku udah lama berharap ada acara seperti ini di Pontianak khususnya. Karena aku lahir disini, datang dari sini, walaupun aku merantau ke Jogja aku melihat banyak sekali kota-kota di pulau Jawa. Dan di pulau Jawa ini tuh bikin acara kaya gini gitu untuk meningkatkan minat baca anak-anak mudanya gitu.

Akhirnya tahun ini beneran dibikin dan aku sangat senang mendapatkan kesempatan untuk ketemu dengan teman-teman Pontianak di acara ini. Dan aku berharap terus diadakan dan semoga bisa semakin besar lagi di tahun-tahun kedepan supaya budaya membaca budaya menulis terutama di anak-anak muda Pontianak itu tumbuh dengan baik dan tidak ketinggalan dengan daerah-daerah lain” ujar Bernard Batubara sang penulis Metafora Padma.

Bernard kembali menambahkan “Aku melihat sebenarnya minat itu tinggi dan banyak sekali anak muda yang kutemui punya potensi bagus dan punya semangat besar untuk menjadi penulis untuk meningkatkan kemampuan menulisnya dan untuk membaca buku-buku bagus. Dan aku juga melihat 2 tahun 3 tahun belakangan ini mulai muncul komunitas-komunitas kecil yang mewadahi anak-anak untuk menjadi penulis. Tinggal anak-anak ini harus mencari jalur yang tepat untuk menemukan arah yang lebih baik ke pasar yang tidak hanya di Pontianak tapi juga secara nasional bahkan mungkin kalo bisa karya-karyanya menembus ke luar negeri juga gitu. Tinggal kesadaran untuk menembus ke jalur aja gitu untuk ditumbuhkan.

Dengan adanya acara Kalbar Book Fair ini di tahun 2016, aku kira kita sudah bisa melihat keberpihakan pemerintah daerah untuk meningkatkan minat baca daerahnya gitu. Tinggal harapannya adalah apakah acara ini akan terus diadakan atau berhenti disini gitu. Tentunya aku berharap acara ini ke pemerintah di support secara dana, disupport secara lokasi disupport secara ide, konsep sehingga acara Kalbar Book Fair dan acara-acara lain bertema bacaan buku menulis bisa lebih banyak lagi diadakan di Pontianak gitu. Dan yang datang ga hanya Pontianak tapi daerah-daerah lain di Kalimantan Barat bisa datang ke Pontianak untuk menikmati buku dan bertemu dengan pecinta buku lain”.

Bukan hanya menampilkan buku-buku, di pameran ini juga menampilkan kerajinan tangan dan foto-foto dari fotografer-fotografer lokal. Di Acara ini pengunjung di dominasi oleh para mahaisiswa, pelajar, dan penggiat novel. (Difa)

Written by teraju

IMG 20161027 093824 217

Kampoeng English Poernama Hadiri “Rabu Film”

IMG 20161027 093907 120

Kejutan di Kalbar Book Fair 2016