in

Belajar dan Mengajar di Rumah Literasi

rumah literasi 2


Oleh: Resvy Mahesta

Belajar merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dengan mengajar. Mengajar membuat kita mengerti pentingnya belajar dan mengajarkannya pada orang lain. Begitu juga sebaliknya belajar membuat kita menghargai apa yang diajarkkan orang lain pada kita.

Di ruang lingkup yang kecil ini kutemukan proses yang demikian. Aku sangat senang bisa dipertemukan dengan mereka yang diajarkan dan mengajarkan akan sebuah ilmu yang berharga dan selalu terkenang sebagai sebuah pengalaman.

Kupikir menulis sebuah buku bukanlah passion yang cocok untukku. Ternyata itu hanya dugaanku saja. Buktinya aku bisa dengan apa yang diajarkan orang lain padaku dan menumpas semua dugaanku itu. Bertemu dengan mereka yang luar biasa dalam merangkai kata, membuatku semakin ingin mengenal dunia literasi. Bila rasa penasaran itu mulai muncul pada diriku, maka aku akan mencari jawaban dari rasa penasaranku.

Kegiatan ini memperkuat ukhuwah antar sesama yang terjalin dari rumah ke rumah. Kala itu, aku pergi ke kampus untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang memang sudah disiapkan oleh kakak pembimbing yang akan menguji kepandaian kami akan ilmu yang sudah diajarkan oleh mereka.

Baca Juga:  23 April, Hari Buku Sedunia: Memperingati Khasanah Global Membumikan Karya Lokal Di Rumah Sendiri

Tepatnya pada tanggal 27 Agustus kami menjalani misi yang harus kami lewati sebagai tanda seleksi. Dari mulai mengedit, melayout, cara Ngeprint buku,cara pasang sampul atau cover dan sampai pada kegiatan memotong tepi buku. Aku menjalaninya sesuai dengan apa yang diajarkan. Sebelum menjalani rangkaian kegiatan tersebut terlebih dahulu aku pahami konsepnya. Hingga akhirnya aku bisa menerapkan semua rangkaian itu. Hingga akhirnya aku mengerti dan memahami betul konsep tersebut. Akhirnya aku paham bahwa jangan sibuk mengajar sampai lupa belajar. Dan jangan pula sibuk belajar sampai lupa mengajarkannnya. (Peserta Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak)

Written by teraju.id

FUI Gelar Workshop

“Wayang Kristal Theano dari Yunani itu Keren Sekali”

rumah literasi 3

Ujian Pencetakan Buku