Oleh: Desi Wulandari
Dalam rangkaian Dialog Literasi dengan tema “Disrupsi literasi dunia maya: Bagaimana Kalbar menyikapinya?” dilaunching 12 buku dan market place yaitu belidak.com. Rangkaian kegiatan ini merupakan Inisiasi dari para pegiat literasi Kalimantan Barat yaitu Club Menulis Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak bekerjasama dengan teraju.id, penerbit Top Indonesia Kalbar, serta market place belidak.com yang telah dilaunching pada Senin (29/6/2017).
“Inspirasi belidak.com datang dari sebuah market place yang terkenal di Amerika Serikat yaitu amazon.com.” ujar salah satu inisiator belidak.com sekaligus pencetus Teraju.com Nur Iskandar.
Tidak hanya itu yang beliau sampaikan saat sambutan. Bapak Nur Iskandar juga menyampaikan bahwa untuk sampai mendapatkan inspirasi kata belidak.com mengalami banyak pertimbangan yang sangat kuat. Dimulai dari nama yang dicari, serta memperkuat nama dengan nama lokal, tujuannya bisa viral untuk khalayak luas.
“Awalnya sulit untuk mendapatkan nama belidak.com ini. Nama Arwana sudah habis diambil para pegiat pebisnis besar Kalbar. Dan akhirnya dapatlah nama belidak.com terinspirasi dari nama ikan khas Kalbar.” Ungkapnya saat sambutan berlangsung. Tawa para tetamu undangan dan peserta pecah saat beliau mengungkapkan nama-nama ikan yang menjadi khas Kalbar.
Harapan beliau semoga belidak.com bisa sebagai market place terbaik Kalbar, menjadi teladan bagi siswa dan mahasiswa serta khalayak luas. Juga sekaligus sebagai pelayanan untuk di wilayah Kalbar, Indonesia bahkan dunia.
Kepanjangan belidak.com adalah “Beli barang dengan anak khatulistiwa” yang komersil. Diungkapkan oleh founder belidak.com bapak Yaser Ace yang juga merupakan blogger aktif serta ahli IT.
“Semoga belidak.com dapat menjadi market place terbaik no. 2 di dunia setelah amzon.com.” harap founder belidak.com Kalbar.