in , ,

Binabud Chapter Pontianak Buka Pendaftaran Seleksi Pelajar ke LN untuk Periode 2018

IMG 20170321 164903 158

teraju.id, Poernama Valley – Bina Antarbudaya sebagai perwakilan American Field Service (AFS) kembali membuka pendaftaran untuk pelajar SMA dalam rangka seleksi pertukaran pelajar ke luar negeri. Pendaftaran dibuka sejak 10 Maret hingga 16 April 2017.

“Untuk Chapter Pontianak sejak hari pertama dibuka hingga Senin, 10 Maret sudah terdaftar 27 pelajar. Dua orang bahkan mendaftar dari Pangkalan Bun, Kalteng,” ungkap Koordinator Sending, Chapter Pontianak Huntung Dwiyani kepada teraju.id.

Pendaftaran yang dibuka secara nasional di 20 Chapter seluruh Indonesia bersifat resmi dan diketahui oleh Direktorat Pendidikan, Kemendikbud Republik Indonesia. Dan program pertukaran pelajar ini telah berlangsung 60 tahun untuk AFS di Indonesia dan 31 tahun di bawah Yayasan Bina Antarbudaya.
Seluruh rangkaian pendaftaran menggunakan sistem online. Yakni dengan pengambilan nomor pin registrasi di setiap chapter. Pengambilan pin tersebut dikenakan biaya Rp 50 ribu dan digunakan untuk proses pendaftaran, seleksi tahap 1 hingga tahap 3 di setiap chapter. Untuk informasi tentang program Bina Antarbudaya bisa login di web http//:bina-antarbudaya.or.id.

“Peserta yang telah menyelesaikan pendaftaran online akan mendapatkan nomor peserta. Mereka akan mengikuti ujian tertulis, interview dan dinamika kelompok. Setelah itu mereka akan mengikuti tes tingkat nasional,” tambah Huntung.

Adapun seluruh biaya jika peserta dinyatakan lolos ke tingkat nasional semua ditanggung pihak Binabud. “Kita sejauh ini berdiri sejak tahun 2013. Pendaftaran terus meningkat dari tahun ke tahun. Kita juga telah mengirim pelajar ke AS dan Italia,” tambah Huntung seraya menyebut di Kalbar sudah ada 3 returnee.
Sejak awal Maret, Binabud Chapter Pontianak telah melakukan sosialisasi. Selain dari mulut ke mulut, juga via surat dan kunjungan langsung ke sekolah-sekolah. Sosialisasi juga dilakukan di tempat-tempat umum. (nuris)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

IMG 20170321 165034 945

Gerakan Penghijauan di Taman Bermain Anak

Teraju signal red 1

Open Recruitment Media Online Teraju: Dicari Wartawan Baru