in

BPS Mempawah Adakan Rapid Test Pada Petugas Sensus 2020

bps mempawah sensus


Oleh: Novie Anggraeni

BPS Mempawah mengadakan rapid test untuk para petugas sensus tahun 2020. Rapid test dilaksanakan Minggu, 30 Agustus 2020 di Klinik Nusa Sehat, Mempawah.

Sebelumnya, petugas sensus yang telah lolos sebagai mitra petugas dan koseka telah melakukan penandatanganan kontrak di kantor wilayah BPS Mempawah. Setelah itu, barulah diberitahukan melalui whatsapp grup bahwa akan diadakan rapid test sebelum petugas terjun ke masyarakat.

“Pada saat tes rapid, mohon menggunakan masker ya, … Mohon petugas tidak meninggalkan klinik sampai hasil rapid keluar. Setelah dinyatakan non reaktif, maka petugas dapat mengambil perlengkapan atk dan apd di bpk M. Adwin, pegawai BPS Mempawah.” Pesan Bu Yunita selaku kasubbag TU BPS Mempawah melaui grup whatsapp Petugas SP2020.

Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan mulai dari penandatanganan kontrak hingga pembagian ATK dan APD kepada petugas semua dilaksanakan dengan menjaga protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid 19. Dalam hal ini, saat pelaksanaan rapid test, petugas dibagi dalam beberapa cluster. Dimana, 1 cluster terdapat 5 orang yang akan dites oleh petugas medis dan begitu seterusnya.

Baca Juga:  Dosen Desain Kawasan Binaan POLNEP Ikut Giat Pengelolan Kawasan Konservasi

Sebelum masuk ke dalam klinik, kami diminta menyerahkan formulir tanda persetujuan pelaksanaan rapid test. Kemudian, kami diarahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan cek suhu badan. Begitu aman, kami yang terdiri dari 5 orang akan diminta menunggu di kursi yang telah disediakan, tentu dengan menjaga jarak dan tidak duduk di tempat yang bertanda silang.

Saat nama kami disebutkan oleh petugas medis, kami langsung diarahkan untuk menunggu giliran dipanggil oleh dokter yang bertugas untuk memeriksa. Selang beberapa menit kemudian, hasil tes pun diumumkan. Kami mendapatkan informasi bahwa klinik tidak dapat memberikan hasil tes tertulis kepada petugas sensus secara personal, karena hasil hanya diserahkan kepada pegawai BPS Mempawah. Setelah dinyatakan non-reaktif, petugas pun diminta untuk bertemu M. Admin selaku pegawai BPS Mempawah.

Bapak Admin menunggu di tempat di samping klinik Nusa Sehat. Di sana, beliau mengarahkan kami untuk menandatangani berkas serah terima peralatan ATK dan APD selama petugas bertugas di lapangan. Terdapat Alat Tulis Kerja (ATK) berupa ransel, pensil, pulpen, notebook, dan penghapus dan Alat Pelindung Diri ( APD) berupa handsanitizer, sarung tangan, masker dan pelindung mata serta wajah.

Baca Juga:  Tani yang Menolong di Masa Pandemi

Bulan sensus penduduk akan dilaksanakan pada tanggal 1-15 September di seluruh wilayah provinsi Kalimantan Barat khususnya kabupaten Mempawah. Diharapkan masyarakat dapat ikut andil dalam menyukseskan Sensus Penduduk tahun 2020 untuk membangun Indonesia dengan satu data kependudukan.(*)

Written by teraju.id

pembuatan abon meliau

PMM UMM Latih Ibu-Ibu Membuat Abon Ikan

Launching Buku Jalan Tengah Memaknai Corona

Di Balik Launching Buku “Jalan Tengah Memaknai Corona”