in ,

COVID-19 Hantui Ramadhan, Pedagang Wisata Pantai Pecal Ketapang Resah

WhatsApp Image 2020 04 24 at 21.30.38

teraju.id, Ketapang – Belum usai status siaga dan tanggap darurat Corona di Indonesia hingga memasuki bulan suci Ramadhan. Pedagang makanan di Wisata Pantai Pecal, Kabupaten Ketapang resah. Pasalnya sejak COVID-19 merajalela dan #socialdistancing diterapkan, jumlah pembeli menurun.

“Seharusnya saat bulan Ramadhan pengunjung semakin ramai berdatangan karena banyak yang ingin berbuka bersama di tepi pantai dan keuntungan pun meningkat dua kali lipat,” ujar Yani (24), salah satu pedagang di Pantai Pecal.

Berdasarkan keterangan Yani (24/04/2020), semenjak adanya imbauan dan informasi COVID-19, jumlah pengunjung jadi menurun. Begitu pula dengan pendapatan yang diperoleh Yani. Jika biasanya ia meraup keuntungan hingga Rp400.000,-/hari, ketika pandemi keuntungan yang didapatkan hanya berkisar Rp90.000,-/hari.

Tidak hanya itu, Ramadhan tahun ini juga banyak pedagang di Pantai Pecal yang merubah jadwal buka warung mereka. Biasanya para pedagang membuka warung pada pukul 09.00 WIB tetapi sekarang menjadi pukul 15.00 WIB.

“Buka awal-awal pun pengunjung juga berpikir pasti takut dengan keadaan sekarang dan kebetulan mereka juga banyak yang puasa,” jelas Ani pemilik warung berusia 43 tahun itu.

Baca Juga:  Saat Harus Vaksin

Dalam masa pandemi ini, para pedagang di Wisata Pantai Pecal berusaha untuk tetap menjaga diri mereka dari bahaya penyebaran COVID-19.

“Suami hanya berkerja sebagai tukang bangunan dan kadang juga tidak berkerja. Penghasilan pokok satu-satunya didapat dari warung ini. Tapi bukannya kami tidak takut tertular virus, minimal sebelum membuatkan pecal dan sesudah menerima uang dari pelanggan, kami cuci tangan dulu,” tambah Mak Anis (54), salah satu penjual pecal.

Beberapa gazebo juga masih terisi pengunjung walaupun sangat jarang. Alasan mereka berkunjung karena begitu membosankan seharian #dirumahaja dengan aktivitas yang sama.

“Apalagi saat ini saya diberhentikan sementara dan dirumahkan sampai toko buka dan dapat berkerja kembali. Harapannya pandemi cepat berlalu karena pendapatan kami bergantung berakhirnya COVID-19 ini,” harap Wida (21) yang ditemui tengah berkunjung.(tor)

Written by teraju.id

IMG 20200424 045403 693

Sambut Bulan Suci, ADAM Rilis Single Perdana ‘Welcome Ramadhan’

WhatsApp Image 2020 04 25 at 11.07.22

Sambut Ramadhan, UMP Gelar Lomba Online Selama #BelajardariRumah