Home > Berita > RUMAH LITERASI: Kelas Perdana, Peserta Tulis Otobiografi

RUMAH LITERASI: Kelas Perdana, Peserta Tulis Otobiografi

teraju.id, Pontianak – Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak memulai kegiatan kelas perdana di Tower C Gedung FUAD, Jumat, 20/9/19. Pada kegiatan ini mereka menulis biografi, tentang kelahiran, masa kecil, hobi, cita-cita dan pendidikan.

Masing-masing pembimbing kelas, Elmansyah, Farninda Aditya, Mita Hairani, Novie Anggraeni, dan Saripaini mendampingi peserta menulis. Sebelum mulai menulis, untuk memudahkan peserta, pembimbing meminta peserta menceritakan tentang diri. Setelah semua peserta mendapat giliran bercerita barulah kemudian mereka menulisnya.
“Tulislah sesuai dengan apa yang diceritakan tadi,” pesan Saripaini, salah satu pembimbing.

Elmansyah mengungkapkan di kelasnya, peserta diminta menulis sebanyak 2000 kata dengan struktur dan jumlah tertentu bagi setiap struktur itu. Misalnya, bagian hereditas panjangnya 200 kata, bagian pendidikan 300 kata, dan seterusnya.

Tulisan peserta itu selanjutnya dikumpulkan dan dinilai. Tulisan terbaik mendapatkan hadiah buku.
Kordinator Pembimbing, Yusriadi mengungkapkan tulisan-tulisan peserta itu selanjutnya akan diterbitkan. “Kita targetkan nanti ada launching sekaligus buku-buku yang dihasilkan dari program ini”.

Kehadiran Rumah Literasi menurut Dekan FUAD Dr. Ismail Ruslan, merupakan unggulan FUAD, dimaksudkan untuk membangun kapasitas akademik mahasiswa. Selain itu. program ini dimaksudkan untuk mewujudkan visi misi FUAD. (r/y)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

Baca Juga:  Rumah Literasi: Menumbuhkan Kebiasaan Menulis Melalui Diary

About Yusriadi

Dosen pengampu Bahasa Indonesia. Ia juga pernah mengampu mata kuliah Jurnalistik dan sejenisnya. Gelar doktor ia peroleh di Universiti Kebangsaan Malaysia. Selain dosen, ia juga aktif di salah satu media online Kalimantan Barat sebagai Redaktur.

Check Also

Lensa Academy Pontianak “Beauty Through Lens”

teraju.id, Pontianak – Pontianak menjadi destinasi terkakhir Lensa Community dari total 10 kota untuk mengadakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *