in ,

Dema FTIK IAIN Pontianak, Gelar Penulisan Buku 2019

WhatsApp Image 2019 10 26 at 20.45.57

teraju.id, Pontianak – Sabtu, 26 Oktober 2019 Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan melaksanakan kegiatan Penulisan Buku untuk mahasiswa baru Angkatan 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan PBAK Lanjutan yang memang merupakan agenda DEMA FTIK tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan Sabtu, (26/10/2019).

Pembuatan buku ini dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Angkatan 2019 yang terdiri dari empat Prodi yaitu Pendidikan Agama Isalam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Anak Usia Dini. Kegiatan ini yang hadir sekitar 200 mahasiswa, padahal jika hadir semua mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan bisa mencapai 667 mahasiswa.

Ketua DEMA FTIK, Joni Iskandar mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian acara PBAK Lanjutan untuk Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Dalam kegiatan materi yang akan dibahas adalah tentang pembuatan buku bagi mahasiswa baru Angkatan 2019. Tujuan kegiatan setidaknya mahasiswa bisa mengetahui tentang tata cara menulis seperti, membuat makalah, membuat narasi, membuat esai dan lainya. Kegiatan ini diharapkan juga bisa menjadi buku nantinya hasil tulisan mereka. Sehingga nanti buku ini bisa di launching pada kegiatan Pekan Raya FTIK 2019.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengenalkan tentang Rumah Literasi FTIK, oleh sebab itu pada kegiatan pembuatan buku ini, yang menjadi pemateri yaitu Farninda Aditya, M. Pd yang merupakan pembimbing dari Rumah Literasi FTIK dan merupakan dosen di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh teman-teman dari rumah literasi FTIK yang membantu Bu Ninda (panggilan akrab) dalam menyampaikan materi tentang kepenulisan pembuatan buku. Ninda mengatakan ia sangat antusias dan mendukung penuh kegiatan ini, dengan begitu mahasiswa mempunyai bekal dan pengetahuan tentang cara penulisan, apakah itu membuat buku, narasi, dan lain lainnya. Ia juga menambahkan kegiatan ini bisa mencari bakat-bakat mahasiswa yang memang suka dalam hal menulis, sehingga mereka bisa bergabung ke dalam Rumah Literasi FTIK dan Club Menulis IAIN Pontianak.

Salah satu peserta kegiatan pembuatan buku ini, Yan Fariza mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah mengatakan ia sangat terbantu dengan kegiatan ini, sehinga bisa tahu tata cara menulis yang baik. Bukan hanya itu ia juga terbantu bagaimana caranya jika mau membuat sebuah karya tulis seperti pembuatan buku. Lain halnya M Sabri yang merupakan prodi Pendidikan Agama Islam yang hadir juga pada kegiatan pembuatan buku, ketika ditanya dia sangat antusias dan banyak ilmu yang didapatkannya dalam hal kepenulisan. (NA/Rilis)

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2019 10 26 at 18.59.03

Kala Peserta Rumah Literasi Mendeskripsikan Teman, Apa yang Ditulis?

WhatsApp Image 2019 10 26 at 21.06.58

Menulis Menggapai Dunia