Home > Berita > Focus Group Discussion : Sawit Antara Mimpi Peningkatan Ekonomi Rakyat Petani dan Dampak Kerusakan Lingkungan

Focus Group Discussion : Sawit Antara Mimpi Peningkatan Ekonomi Rakyat Petani dan Dampak Kerusakan Lingkungan

teraju.id, Pontianak – UNDP atau United Nations Development Programme merupakan organisasi multilateral yang memberikan bantuan teknis dan pembangunan di dunia. 8 November 2019 UNDP mengadakan Focus Group Discussion dengan tema Sawit antara Mimpi Peningkatan Ekonomi Rakyat Petani dan Dampak Kerusakan Lingkungan. FGD ini diadakan di Hotel Mercure.

Adapun Narasumber dari kegiatan ini ialah Dr. Elias Tana Moning, BA. Phil., M. Agr., Ed.D. dari United Nations Development Pogramme, kegiatan ini bertujuan untuk berembuk dan diskusi terpumpun tentang bagaimana memanfaatkan sawit untuk meningkatkan ekonomi rakyat namun dapat menekan dampak kerusakan lingkungan.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah pihak dari UNTAN, LPS – AIR, UNDP, INTAN, IDH, Pervasi, Visi Top Indonesia, FKPT, KEP Agro, Bina Antarbudaya, dan IAIN.

Terdapat beberapa ide yang telah dituangkan untuk meningkatkan Value Chains yang mana memiliki pengaruh berantai. Sehingga hasil yang didapatkan baik pada nilai lingkungan maupun menambah surplus. Diharapkan untuk lingkungan akan adanya Karbon Sinking, yang artinya menahan agar karbon tidak terlepas ke atmosfir bumi sehingga aman untuk Lingkungan. Dan dari pemanfaatan lahan dapat menanam tanaman dilahan sawit dengan metode Under Canopy yang artinya menanam dibawah naungan dari dahan sawit, sehingga lahan yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

Baca Juga:  Musim Kering, Sawit dan Air

About Jeammy Rodjas

Check Also

Dari Pemilihan Duta Damai Kalbar

Oleh: Yusriadi Pemilihan Duta Damai Kalbar dimulai. Gongnya ditabuh, Sabtu (16/11/19) di Aula Kampus IAIN …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *