Home > Berita > FUAD, MUI, BAZNA dan Kanwil Agama Kalbar, Inisiasi Program Kader Ulama

FUAD, MUI, BAZNA dan Kanwil Agama Kalbar, Inisiasi Program Kader Ulama

teraju.id, Pontianak – Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak, bekerja sama dengan MUI, BAZNAS, KANWIL AGAMA KALBAR menginisiasi program kader ulama di Kalimantan Barat. Program ini merupakan agenda utama pada saat Rapat Koordinasi (RAKOR) Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 30 November 2019 di Hotel Borneo Pontianak. Acara ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, dan dihadiri Ka. Kanwil Agama Kalbar, Ketua dan Pengurus MUI Kalbar, Baznas Kalbar serta pengurus MUI 14 Kabupaten/Kota Se Kalbar.

Ketua MUI Kalbar, Drs. H. Basri HAR menjelaskan bahwa Program Kader Ulama (PKU) adalah program kaderisasi para calon ulama dengan membekali para peserta pada penguasaan ilmu-ilmu keIslaman, dan keIndonesiaan serta kemampuan untuk mengidentifikasi potensi ummat dalam berbagai bidang keumatan, negara dan bangsa sebagai latar wawasan kepemimpinan, serta terwujudnya kader ulama yang berakhlakul karimah, tafaqquh fiddin dan iqamatuddin sebagai latar wawasan juang.

Dr. Wajidi Sayadi, M. Ag., sebagai nara sumber mengatakan MUI Kalbar memiliki dua program unggulan, yakni pertama, Pendidikan Dasar Ulama (PDU) dikhususkan untuk santri/siswa lulusan setingkat MAN/pondok pesantren. Kedua, Pendidikan Kader Ulama (PKU) diprioritaskan untuk lulusan sarjana (S1).

Baca Juga:  Ketika Peserta Rumah Literasi Mengaku Hampir Kesurupan

Dekan Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak, Dr. Ismail Ruslan, M. Si., juga tampil sebagai nara sumber pada acara Rakor MUI Kalbar menjelaskan bahwa FUAD IAIN Pontianak, siap bekerja sama, sebagai tempat pelaksanaan program Pendidikan Dasar Ulama (PDU) se Kalimantan Barat.

Lebih lanjut, Ismail Ruslan mengatakan sebagai wajud kesiapannya, FUAD mempersiapkan dua program studi yang relevan dengan program Pendidikan Dasar Ulama yakni Prodi Ilmu Al-qur’an dan Tafsir (IAT) dan Prodi Studi Agama-Agama (SAA). Dua prodi ini diyakini mampu memberikan technical skill, dimulai dari kurikulumnya, dosen yang mengajar serta fasilitas.

Pada kesempatan ini hadir juga nara sumber dari Kanwil Agama Kaharudin, S. Ag., BAZNAS Kalbar KH. Didi Imam Wahyudi dan Ustadz H. Abdul Wahab.(AlHafid)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju.id

Check Also

Perayaan Natal Bersama Pemuda Dayak Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono Glorakan Semangat Persatuan

teraju.id, Pontianak – Bertempat di rumah radakng Pontianak, pada Senin (20/1/2020) pemuda Dayak Kalimantan Barat …

teraju.id